Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pertimbangkan 4 Hal Sederhana Ini dalam Membuat Surat Lamaran

Ilustrasi: Study365

Topcareer.id – Salah satu bagian yang cukup memakan waktu saat melamar pekerjaan, adalah menulis surat lamaran. Beberapa orang menganggap hal ini sebagai peluang untuk menonjol dari pelamar yang lain, sebagian lagi tak begitu mempermasalahkan surat lamaran.

Coba pertimbangkan hal-hal sederhana berikut ini agar dapat mencetak surat lamaran yang ‘nendang’ dan membuka banyak peluang wawancara, seperti dikutip dari laman The Ladders.

1. Mulailah dengan sebuah cerita

“Pilih untuk menceritakan sebuah cerita pendek, sesuatu yang mungkin kamu gunakan saat menanggapi pertanyaan wawancara perilaku, yang menggambarkan saat kamu mengatasi hambatan, menangani masalah, atau mendapatkan kemenangan bagi perusahaan,” kata Amanda Augustine, pakar karier untuk TopResume.

Ia menambahkan, idealnya adalah menemukan cerita yang memungkinkanmu menunjukkan bahwa kamu memiliki soft skills dan hard skill yang dicari pemberi kerja sambil menarik perhatian mereka.

Baca juga: Ini yang Bikin Lamaran Kerja Menguap seperti Angin

2. Terhubung dengan misi perusahaan

Saat kamu menelusuri papan pekerjaan, ada alasan mengapa satu posisi terbuka menarik perhatian dibandingkan yang lain. Khususnya saat ini, menghubungkan titik-titik antara misi perusahaan dan karyawan sangatlah penting. Dan jika surat lamaranmu tidak menunjukkan bagaimana kamu cocok terhadap perusahaan, maka kamu kehilangan intinya.

Seperti yang dijelaskan oleh pelatih gaya hidup dan karier Jules Schroeder, kamu juga harus memberikan alasan khusus tentang mengapa dan bagaimana kamu berhubungan dengan nilai-nilai perusahaan. Ini dapat dilakukan dalam beberapa kalimat, tetapi harus dilakukan oleh setiap perusahaan.

3. Temukan sebuah nama

Dengan begitu banyak informasi yang tersedia di internet, tidak lagi tepat untuk memulai surat pengantar dengan ‘Kepada siapa yang berkepentingan’ atau ‘Dear Sir atau Madam.’ Seperti yang dikatakan Agustinus, mereka terdengar impersonal dan terlalu formal.

“Sebaliknya, luangkan beberapa menit ekstra untuk mencari tahu siapa nama yang harusnya tertuju dalam surat lamaranmu. Jika tidak disebutkan dalam daftar pekerjaan, lakukan pencarian online, lihat situs web perusahaan, dan cari di LinkedIn untuk mencari tahu siapa yang menangani perekrutan untuk perusahaan, atau siapa yang akan mengelolanya, jika kamu mendapatkan pekerjaan itu,” sarannya.

Baca juga: Baiknya Kirim Lamaran Kerja Jam Berapa?

4. Fokus pada dua hingga tiga persyaratan pekerjaan pertama

Tarik napas dalam-dalam dan arahkan perhatian dan upayamu ke dua hingga tiga persyaratan deskripsi pekerjaan pertama. Biasanya, tanggung jawab yang paling penting adalah yang pertama, jadi perekrut akan fokus pada hal tersebut, menurut AJ Vollmoeller, pemilik Future Force Staffing & Career Services.

Taktik ini tidak hanya akan membuatmu terdengar unik, tetapi juga membantumu mendapatkan panggilan. “Menunjukkan pengalamanmu yang secara langsung berkaitan dengan persyaratan pekerjaan di surat lamaran membuat hampir tidak mungkin bagi pengulas untuk bertanya-tanya apakah kamu memenuhi syarat,” tambahnya.**(Feb)

Leave a Reply