Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Dua Genre Musik yang Bisa Tingkatkan Konsentrasi Kerja

Topcareer.id – Baik saat kerja untuk tugas rumah, tugas kantor, bahkan belajar, kadang lebih menyenangkan jika dikerjakan sambil mendengarkan musik. Gagasan bahwa musik dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas bukanlah konsep baru.

Pada tahun 1972, University of Birmingham melakukan serangkaian eksperimen yang menyimpulkan bahwa background musik sebenarnya dapat membuatmu lebih efisien selama mengerjakan tugas yang berulang. Tapi apa genre terbaik untuk konsentrasi?

Musik klasik

Mengutip The Ladders, musik klasik dirancang dengan sempurna untuk mempromosikan otak yang lebih aktif selama aktivitas pasif di tempat kerja. Lihat aktivitas otak subjek yang mendengarkan karya komposer abad ke-18 selama eksperimen tahun 2007 Universitas Stanford.

Baca Juga: New Normal, Nonton Konser Musik Bisa secara Drive-in

Mereka menemukan tingkat aktivitas yang mencolok di otak saat mereka mengantisipasi transisi dalam karya musik, menunjukkan bahwa musik membantu mempertajam kesadaran, mempertahankan perhatian, dan meningkatkan kemampuan untuk mengantisipasi peristiwa.

Dalam istilah awam, mendengarkan musik klasik tidak hanya akan membantumu tetap fokus pada tugas yang ada, tetapi juga akan membantu otak tetap aktif dan mempelajari keterampilan baru dalam prosesnya.

Kunci dari semua ini adalah mencoba musik klasik baru. Jangan hanya berpegang pada Bach, Mozart, atau Beethoven. Susun playlist lainnya, seperti dari Georg Benda, Wranitzky bersaudara, atau William Boyce. Meskipun mendengarkan lagu-lagu yang sudah dikenal bisa menenangkan, mendengarkan komposisi baru akan membantu otak tetap aktif dan belajar.

Electronic Dance Music (EDM)

EDM dapat membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Musik upbeat membantu meningkatkan perasaan positif dan bahkan dapat mendorong Anda untuk merefleksikan kenangan indah, membuat Anda tetap fokus dan secara umum baik.

Meskipun kamu mungkin menganggap EDM sebagai music panas, ada seluruh segmen genre yang berisi lagu-lagu ceria dan lembut yang akan langsung meningkatkan semangat saat bekerja. Sama seperti musik klasik, kamu perlu mencari musik EDM yang memiliki lirik terbatas atau tanpa lirik. Jangan sampai kamu terganggu dengan bernyanyi bersama lagu favorit baru.

EDM adalah genre yang luas, termasuk ketukan elektronik ambient, yang terbaik untuk belajar. Lihat playlist Ambient Electronic. Ini memiliki perpaduan eklektik dari lagu-lagu yang sudah dikenal dari Blade Runner, suara ambient Aphex Twin, dan bahkan beberapa lagu edgy oleh Carl Craig.**(RW)

Leave a Reply