Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Hilangkan Lelah yang Muncul Akibat Rapat Virtual

Topcareer.id – Jika kamu menemui dirimu lebih lelah di akhir hari kerja daripada sebelumnya akibat mengikuti rapat virtual, kamu tidak sendiri.

Saat ini banyak orang yang mengalami kelelahan akibat terlalu sering mengadakan Zoom meeting. Kasus ini terus meningkat sejak pandemi virus corona memaksa sebagian besar karyawan melaksanakan aktivitas bekerja dari rumah atau WFH.

Jika ini terdengar seperti berita buruk, jangan putus asa. Berikut ini beberapa tips berbasis penelitian yang dapat membantu mengurangi kelelahan akibat Zoom meeting.

Baca Juga: Empat Cara Tingkatkan Kualitas Suara Saat Meeting Video

Hindari multitasking

Sangat mudah untuk berpikir bahwa kamu bisa menggunakan peluang untuk melakukan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat, tetapi penelitian menunjukkan bahwa mencoba melakukan banyak hal sekaligus bisa mengurangi kinerja. Para peneliti di Stanford menemukan bahwa orang-orang yang melakukan banyak tugas tidak dapat mengingat banyak hal. Cobalah saat lain kali kamu mengikuti zoom meeting, tutup semua tab atau program yang mungkin mengganggu, singkirkan ponsel, dan tetap fokus.

Ambil waktu istirahat

Istirahatlah sejenak dari zoom meeting yang berlangsung lama dengan meminimize jendela zoom, atau kamu bisa hanya dengan mengalihkan pandangan dari komputer selama beberapa detik beberapa kali. Biarkan mata dan tengkuk kamu beristirahat sejenak. Beri juga diri kamu cukup waktu di antaranya untuk bangun dan bergerak sebentar dari zoom meeting.

Kurangi pandangan pada background peserta lain

Penelitian menunjukkan bahwa saat dalam zoom meeting, kebanyakan orang cenderung menghabiskan sebagian besar waktu untuk menatap wajahnya sendiri dengan maksud menjaga penampilan. Ini bisa dengan mudah dihindari dengan menyembunyikan dirimu dari pandangan. Namun, gangguan lain mungkin kamu juga fokus pada latar belakang para peserta rapat. Kamu bisa melihat furnitur, tanaman, dan wallpaper mereka. Otak harus memproses semua isyarat lingkungan visual ini pada saat yang bersamaan. Untuk mengatasi kelelahan mental semacam ini, dorong orang-orang untuk menggunakan latar belakang yang sederhana, atau buat kesepakatan kelompok untuk meminta semua orang yang tidak berbicara mematikan video mereka.

Beralih ke panggilan telepon atau email

Periksa jadwal kamu selama beberapa hari ke depan untuk melihat apakah ada percakapan yang bisa dilakukan melalui panggilan telepon atau email. Jika kamu sudah lelah mengikuti zoom meeting dan ada pertemuan dengan klien atau kolega, minta orang tersebut untuk beralih ke panggilan telepon atau email. Cobalah katakan seperti, “Saya ingin istirahat dari video call. Apakah Anda keberatan jika kita melakukan ini melalui telepon?”

Untuk panggilan eksternal, hindari default ke video

Banyak orang sekarang merasa cenderung memperlakukan video sebagai setting default untuk semua komunikasi. Tetapi panggilan video bahkan dapat terasa invasif dalam beberapa situasi. Jika klien kamu melakukan FaceTimes atau Zoom tanpa peringatan, kamu boleh menolak dan menyarankan panggilan biasa sebagai gantinya.

Beberapa dari tips mungkin sulit untuk diikuti pada awalnya, terutama untuk menahan keinginan agar tidak sambil mengerjakan pekerjaan lain). Namun membiasakan diri mengambil langkah-langkah ini dapat membantu kamu mencegah rasa lelah memikirkan zoom meeting lainnya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply