Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Aktivitas Sore Hari Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Ilustrasi. (dok. Medical News Today)

Topcareer.id – Mandi dengan air hangat di sore hari sambil menyalakan musik, dan ditemani lilin-lilin cantik jadi cara untuk melepas lelah, dan juga memiliki manfaat metabolisme. Meski tampak terlalu bagus untuk sebuah realita.

Tapi intinya, mandi sore, tidak hanya membantu menghilangkan stres dan kecemasan, tetapi sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mandi setidaknya empat kali seminggu dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan mencegah risiko diabetes tipe 2 lainnya.

Mengutip The Ladders, studi tersebut dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes. Para peneliti menganalisis sekitar 1.300 orang dewasa dengan diabetes tipe 2 untuk melihat bagaimana mandi air hangat memengaruhi kesehatan metabolik mereka.

Subjek dibagi menjadi tiga kategori:

  1. Kelompok yang mandi lebih dari empat kali seminggu;
  2. Kelompok yang mandi satu sampai empat kali seminggu;
  3. Kelompok yang mandi kurang dari satu kali seminggu.

Hasilnya, mereka yang lebih sering mandi menunjukkan penurunan tekanan darah pada berat badan, dan hemoglobin terglikasi yang semuanya dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

Baca juga: Tips Diet Sehat Bagi Kamu yang Punya Berat Badan Berlebih

Orang-orang yang melihat hasil terbaik semuanya mandi empat kali seminggu selama sekitar 16 menit tiap mandi. Studi tersebut juga menyebutkan bahwa terlepas dari berat badan atau jenis kelamin, mereka yang mandi empat kali seminggu atau lebih semuanya memiliki hasil positif yang sama.

Manfaat kesehatan lainnya:

  • Mandi dikaitkan dengan manfaat kesehatan lainnya selain menurunkan tekanan darah.
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Bernapas lebih mudah/membuka sinus
  • Keseimbangan hormonal
  • Mengendurkan otot, persendian, dan tulang

Ini bukan berarti bahwa mandi busa akan 100% mencegah atau menyembuhkan diabetes. Namun, mandi telah terbukti membantu kesehatan mental dan merupakan cara yang menyenangkan untuk bersantai.

Menurunkan risiko diabetes tipe 2 secara potensial merupakan keuntungan yang bagus.**(Feb)

Leave a Reply