Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi: Susu Coklat Terbukti Lebih Ampuh Pulihkan Otot Dibandingkan Minuman Energi

Topcareer.id – Letakkan minuman energimu, ganti dengan susu cokelat. Dua orang peneliti dari University of Connecticut, Amerika Serikat, menyampaikan saat mempelajari efek minuman energi pada kaum muda.

Dalam sebuah studi yang didanai oleh National Dairy Council dan National Fluid Milk Processor Promotion Board, Nancy Rodriguez, yang meneliti ilmu olahraga ketahanan, mengatakan susu coklat telah terbukti menjadi minuman pasca latihan yang efektif untuk memulihkan otot.

Banyak penelitian yang berfokus pada manfaat susu, tetapi Rodriguez mengatakan penelitiannya adalah yang pertama berfokus secara khusus pada manfaat susu coklat bagi para atlet. Dia telah menyerahkan studinya untuk dipublikasikan di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise.

Baca Juga: Jangan Olahraga Sambil Konsumsi Minuman Berenergi

Jadi, apa yang susu cokelat miliki dan tidak ada pada susu putih biasa?

“Cokelat menambahkan sedikit lebih banyak gula, dan karenanya mengandung karbohidrat,” kata Rodriguez. “Karbohidrat itu masih merupakan energi yang membantu otot bekerja, dan susu membangun kembali otot.”tambahnya.

Untuk penelitian ini, pelari pria yang cukup terlatih berlari selama 45 menit setidaknya lima hari seminggu selama dua minggu. Beberapa minum susu coklat sementara yang lain minum minuman yang hanya mengandung karbohidrat seperti Gatorade, Powerade, atau Red Bull.

Setiap minuman memiliki jumlah kalori yang sama. Sampel nafas dan darah yang diambil setelah minggu pertama dan minggu kedua menunjukkan bahwa peminum susu coklat mengalami pembentukan otot yang lebih besar.

Rodriguez mengingatkan bahwa gula tambahan tidak optimal untuk semua orang, tetapi atlet bisa mendapatkan keuntungan darinya.

Yang paling penting, katanya, adalah agar para atlet menyadari bahwa susu cokelat seringkali lebih baik daripada banyak produk yang jauh lebih mahal yang dijual di toko-toko nutrisi.

“Susu memiliki apa yang kami sebut senyawa bioaktif, hal-hal yang tidak benar-benar kami ketahui, tetapi mungkin memberikan beberapa nilai gizi,” katanya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply