Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

3 Kebiasaan Simple yang Berdampak Besar Pada Sistem Imun Tubuh

Topcareer.id – Ada praktik yang bisa dijadikan kebiasaan untuk bersama-sama melawan dan mengakhiri pandemi Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik dengan orang lain.

Namun, bila menyangkut kesehatan pribadi kamu sendiri, ada tambahan kebiasaan yang sederhana namun dapat membantu sistem kekebalan tubuh kamu agar berfungsi dengan baik dan optimal, menurut pakar penyakit menular terkemuka Dr. Anthony Fauci.

Fauci sebelumnya mengatakan bahwa bagi mereka yang kekurangan vitamin D, mengonsumsi suplemen dapat mengurangi kerentanan terhadap infeksi (Fauci sendiri pun mengonsumsi suplemen vitamin D). Vitamin C juga antioksidan yang baik.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Masyarakat Diminta Buat Zonasi di Rumah

Tetapi Fauci telah menekankan bahwa suplemen bukanlah peluru emas atau pengganti hal-hal seperti menjaga jarak atau mengenakan masker.

“Jika Anda benar-benar ingin menjaga sistem kekebalan Anda bekerja secara optimal, ada hal-hal yang harus Anda lakukan secara normal,” kata Fauci kepada Business Insider. Strategi yang didukung oleh penelitian ini jauh lebih sehat daripada memberi diri asupan suplemen apa pun.

Berikut ini tiga kebiasaan sederhana yang direkomendasikan Fauci:

1. Tidur
“Tidurlah yang cukup,” kata Fauci. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidur hanya enam jam semalam atau kurang akan berisiko empat kali lebih mungkin terkena flu dibandingkan mereka yang tidur cukup setidaknya tujuh jam semalam. Alasannya? Saat kamu tidur, tubuh menghasilkan protein yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan mengurangi peradangan, menurut Mayo Clinic. Tetapi jika kurang tidur, tubuh akan lebih sulit melawan infeksi. Penelitian lain menunjukkan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi seberapa baik tubuh dalam merespons vaksin.

2. Makan dengan baik
“Lakukan diet yang baik,” ujar Fauci. Ada bukti bahwa makan makanan seimbang yang mencakup berbagai vitamin dan mineral dapat membantu sel kekebalan tubuh kamu berfungsi dengan baik. Di sisi lain, mengonsumsi makanan olahan tinggi (minuman manis, kue, keripik, dan sejenisnya) dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan yang sehat. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa nutrisi seperti vitamin C, vitamin D, seng, selenium, zat besi, dan protein dapat membantu fungsi sel kekebalan.

3. Kurangi stres
Memang benar saat ini adalah masa-masa sulit dan membuat stres. Sebuah survei pada Juli lalu menemukan bahwa 55% orang dewasa Amerika mengatakan mereka jauh lebih stres daripada di bulan Januari sebelum pandemi. “Cobalah berusaha untuk menghindari atau mengurangi stres yang parah, karena itu dapat mempengaruhi sistem kekebalan,” kata Fauci. Hormon stres menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan membuat lebih rentan sakit. Stres jangka panjang telah terbukti “merusak sistem kekebalan,” menurut American Psychological Association.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres saat ini. Sebagai permulaan, penting untuk tetap berpegang pada rutinitas yang baik selama pandemi. Olahraga juga merupakan cara yang sangat bagus untuk bersantai saat terkurung di rumah. Meditasi dan latihan yang berfokus pada pengamatan pikiran juga terbukti mengurangi stres dan meningkatkan fokus.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply