Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lima Kegiatan yang Bisa Tingkatkan Kinerja Otak di Tengah Karantina Pandemi

Topcareer.id – Beberapa bulan setelah karantina mudah membuat seseorang jatuh dalam kondisi kemalasan. Banyak dari kita juga harus menghadapi stres karena selalu berada di rumah. Kita tidak bisa keluar dan bersosialisasi serta merangsang pikiran dengan berinteraksi dengan orang lain.

Untuk tetap stimulasi mental, apa yang bisa kita lakukan? Berikut adalah beberapa cara yang menyenangkan dan merangsang untuk menggerakkan kembali roda gigi mentalmu selama masa karantina, seperti dalam laman The Ladders.

1. Pelajari bahasa baru

Hari ini akan menjadi waktu yang tepat untuk memfokuskan otak untuk mempelajari bahasa baru yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya. Dengan teknologi saat ini, belajar bahasa baru lebih mudah dari sebelumnya. Dalam banyak kasus, kamu bahkan dapat mempelajari bahasa baru secara gratis.

Baca Juga: Ingin Bebas Cemas dan Tetap Sehat selama Pandemi? Lakukan Gerakan Yoga Ini

Aplikasi seperti Duolingo akan membantumu mempelajari bahasa baru tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Yang harus kamu lakukan hanyalah mengunduh aplikasi, memilih bahasa yang ingin kamu pelajari, dan menyediakan waktu untuk belajar setiap hari.

2. Mulailah rutinitas olahraga baru

Percaya atau tidak, tetapi olahraga harian yang baik dapat membantu merangsang pikiran. Tidak hanya akan membuat otakmu tetap aktif, tetapi juga akan membuat tubuh sehat secara fisik dan bergerak saat kamu terjebak di rumah.

Kamu dapat melakukan berbagai rutinitas latihan yang sesuai dengan kemampuan tubuh; lari cepat, yoga, itu semua akan membantu otak terstimulasi.

3. Selesaikan puzzle

Baik kamu lebih suka permainan Sudoku atau ahli strategi Catur, bermain game membantu menjaga pikiran terstimulasi. Melakukan teka-teki yang berbeda akan memaksamu untuk menggunakan otak dengan cara-cara baru. Ini adalah cara mudah untuk bekerja pada pemikiran kritis dan keterampilan memecahkan masalah, yang akan membuatmu tetap waspada saat bekerja dari rumah.

4. Cobalah keluar

Tidak mengherankan, udara segar ternyata menyehatkan pikiran, tubuh, dan jiwamu. Meskipun kita mungkin tidak bisa keluar untuk berbelanja atau makan di luar, kita masih bisa mendapatkan banyak waktu di luar dekat rumah.

Cobalah berkebun di halaman belakang rumah; tanam sayuran atau bunga sebelum embun beku pertama. Ini akan memberimu alasan untuk keluar dan menyiangi setiap hari, menyerap Vitamin-D yang sangat dibutuhkan dari sinar matahari.

5. Beri dirimu hari santai di rumah dan istirahat ekstra

Meskipun ini mungkin tidak terlihat jelas, istirahat penting untuk stimulasi mental. Menurut sebuah artikel oleh Medical News Today, penelitian terbaru menemukan bahwa stimulasi otak non-invasif, yang diaktifkan saat kamu tidur, meningkatkan kinerja memori keesokan harinya. Jadi tidak hanya tidur yang menjadi kebutuhan, tetapi juga dapat meningkatkan daya ingat kita.

Meluangkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri akan membuat tubuh berfungsi pada kapasitas yang lebih tinggi. Jika kamu bukan orang yang suka tidur siang, cobalah bermeditasi sepanjang hari untuk menenangkan pikiran.**(RW)

Leave a Reply