Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Masih Lelah Setelah Bangun Tidur, Berikut 6 Penyebabnya

Topcareer.id – Pernahkah kamu merasakan saat bangun dari tidur di pagi hari tetapi kamu masih merasa lelah? Kondisi ini banyak dialami orang dewasa.

Seharusnya tidur semalaman cukup mengistirahatkan tubuh, namun tetap saja kamu merasa lelah saat bangun. Berikut ini beberapa alasan utama mengapa kamu masih merasa lelah setelah bangun tidur.

Kamu tidur pada waktu yang salah
Ingat kamu memiliki kronotipe tertentu (Early Bird, Night Owl, dll.), Dan jika kamu bangun pada waktu yang tidak sesuai dengan kronotipe kamu, hal itu dapat membuat pagi harimu menjadi sengsara. Misalnya jika kamu adalah Night owl dan kamu bangun jam 6 pagi, bahkan jika kamu pergi tidur jam 10 malam, kamu masih akan merasa tidak enak, karena otak kamu masih ingin memproduksi Melatonin saat kamu mencoba untuk bangun. Jika kamu ingin mempelajari kronotipe kamu, dan kapan harus tidur, lihat kuisnya di chronoquiz.com.

Baca Juga: Bangun Tidur, Jangan Tidur Lagi. Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan

Kamu berada di tempat tidur terlalu lama
Banyak pasien yang tidur 4-10 kali lagi saat mereka mencoba bangun di pagi hari karena mematikan snooze alarm. Ini adalah ide yang buruk dan alasannya adalah tombol snooze alarm rata-rata berdurasi sekitar 7-9 menit, ini tidak memberi otak waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke tahap tidur yang lebih menyegarkan dan lebih dalam.

Lingkungan kamar tidur mengganggu
Ada banyak hal berbeda yang dapat memengaruhi tidur kamu di kamar tidur. Biasanya sekeliling ruangan kamar yang tidak nyaman akan memberi pengaruh. Coba rapikan kamar tidur dan batasi paparan cahaya biru di malam hari. Ingat cahaya biru akan mencegah produksi Melatonin yang sangat penting untuk istirahat yang baik.

Situasi tidak nyaman
Tahukah kamu bahwa jika kamu tidur di samping pasangan yang mendengkur, kamu kehilangan satu jam tidur setiap malam? Ya itu benar. Cobalah untuk membuat mereka berhenti mendengkur. Selain dengkuran pasangan situasi sekeliling kamar atau rumah kamu yang berisik juga bisa mengganggu dan membuat tidurmu tidak nyaman sehingga kamu merasa lelah saat bangun.

Makan atau minum sesuatu yang menurunkan kualitas tidur
Dua masalah terbesar adalah alkohol dan kafein. Meskipun alkohol dapat membuat mengantuk, alkohol sebenarnya membuat kamu tidak masuk tahap tidur nyenyak, ini akan membuat kamu merasa tidak enak di pagi hari. Kafein juga melakukan hal yang sama, stimulan kafein membuat otak keluar dari tahap tidur yang lebih dalam, sehingga membuat tidur tidak menyegarkan.

Kamu mungkin mengalami gangguan tidur
Walaupun gejalanya mungkin ringan, ada banyak gangguan tidur yang dapat memengaruhi kualitas tidur. Yang khas adalah apnea tidur, tetapi yang lain termasuk Narkolepsi, dan Insomnia bisa lebih berbahaya. Segera kunjungi dokter untuk mengatasi masalah tersebut.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply