Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Nyemil Makanan Ini Saat Malam Hari Malah Bikin Susah Tidur

Sumber foto: PlatedSumber foto: Plated

Topcareer.id – Kamu mungkin sudah makan malam, tapi ketika mata masih susah dipejamkan, maka ada keinginan untuk meraih camilan di tengah malam. Bukan sembarang ngidam, kamu lebih menginginkan makanan yang berminyak dan asin.

Kamu tidak sendiri. Studi menunjukkan bahwa antara jam 12 dini hari dan 4 pagi, tubuh kita sangat menginginkan makanan berlemak dan berminyak. Namun, keinginan yang tampaknya tidak bersalah ini dapat merusak kesempatanmu untuk tidur nyenyak.

Normal untuk mengidam sesuatu untuk dimakan nanti malam

Penelitian menunjukkan bahwa ketika kita begadang, atau kurang tidur, kepekaan otak kita terhadap bau makanan meningkat.

Baca Juga: Studi: Konsumsi Makanan Ini 3 Kali Sehari Bisa Percepat Penuaan

Sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern di Chicago mengkonfirmasi hal ini ketika peserta yang hanya tidur empat jam menunjukkan aktivitas otak yang lebih besar sebagai respons terhadap bau makanan dibandingkan ketika mereka tidur delapan jam penuh.

“Saat lelah, partisipan menunjukkan aktivitas otak yang lebih besar di dua area yang terlibat dalam penciuman, korteks piriform dan korteks orbitofrontal, sebagai respons terhadap bau makanan daripada saat istirahat dengan baik. Lonjakan itu tidak terlihat sebagai respons terhadap bau non-makanan,” kata rekan penulis studi Surabhi Bhutani, mengutip laman The Ladders.

Hal ini terutama berlaku untuk makanan berminyak dan berlemak (seperti kentang goreng) yang secara alami kita idamkan saat larut malam. Namun, lain kali ketika kamu mengidam camilan tengah malam, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk mendapatkan sesuatu yang lain.

Ahli diet terdaftar Lisa Hayim mengatakan bahwa makanan tinggi lemak adalah hal terburuk yang dapat kamu masukkan ke dalam tubuh sebelum tidur, karena lebih dari satu alasan.

“Makanan berminyak dan tinggi lemak adalah satu-satunya pemicu paling buruk untuk mulas. Sebelum tidur, hindari makanan yang dilapisi minyak atau yang memberikan ‘kerenyahan’ yang besar saat kamu memakannya,” kata dia.

Kentang goreng adalah salah satu penyebab terbesar dalam hal ini. Dan Hayim berkata bahwa jika kamu memakannya dengan saus tomat, kamu menambah masalah.

“Saus tomat sangat asam karena bahan utamanya tomat. Selain asam yang secara alami ada di sana, saus tomat biasanya diawetkan dengan bahan kimia lain yang membuatnya lebih asam dan dapat menyebabkan mulas.”

Tidak hanya itu, makanan yang tinggi lemak akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Terapis perilaku tidur Richard Shane mengatakan ini berarti tubuhmu masih akan bekerja keras untuk mengeluarkan kentang goreng itu melalui sistem saat kamu mencoba untuk tidur.

“Kamu tentu tidak ingin mesin sistem pencernaan bekerja saat seluruh tubuh mencoba untuk tidur,” katanya.

Kamu juga berisiko menambah berat badan saat makan kentang goreng dan makanan berlemak tinggi lainnya sebelum tidur. Ini juga bisa menyebabkan gangguan pada tidur setelah tubuhmu selesai mencerna dan kamu perlu melakukan perjalanan larut malam ke kamar mandi. Tidur malam yang nyenyak penting untuk menjaga kesehatan metabolisme.**(RW)

Leave a Reply