Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tips Mendapat Pekerjaan Jarak Jauh

Ilustrasi. Sumber foto: virgin.comIlustrasi. Sumber foto: virgin.com

Topcareer.id – Pandemi virus corona yang memaksa orang untuk tetap berada lebih banyak di rumah, telah meningkatkan angka pekerjaan jarak jauh daripada sebelumnya.

Menurut laporan FlexJobs dan Global Workplace Analytics, di Amerika Serikat sendiri ada kenaikan 159% pada pekerja jarak jauh di sana. Sementara itu, Upwork’s Future Workforce Report memproyeksikan bahwa 73% dari semua departemen akan memiliki pekerja jarak jauh pada tahun 2028.

Ketika perusahaan melakukan pekerjaan jarak jauh dengan cara yang benar, itu bisa menjadi pengalaman positif bagi semua yang terlibat, termasuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan keterlibatan karyawan, dan bahkan membuat orang lebih bahagia di tempat kerja.

Jika kamu berminat untuk mendapatkan pekerjaan ini, berikut tipsnya:

Ubah pekerjaan biasa menjadi pekerjaan dari rumah
Saat ini banyak sekali pekerjaan yang kompatibel dengan pekerjaan jarak jauh, setidaknya sekali-sekali. Jika kamu melakukan sebagian besar pekerjaan menggunakan teknologi seperti komputer, perangkat seluler, tablet atau smartphone, kamu mungkin dapat melakukan pekerjaan dari rumah.

Tentu saja, “kompatibel dengan pekerjaan jarak jauh” tidak serta merta berarti “diizinkan untuk bekerja dari rumah.”

Untuk melakukan langkah tanpa melompat ke pekerjaan baru, kamu harus meyakinkan atasan untuk memberi kamu kesempatan mencoba. Pertama letakkan dasar-dasarnya. Dapatkan perasaan bagaimana perasaan atasan kamu tentang pengaturan kerja yang fleksibel.

Kemudian siapkan proposal telecommuting. Sarankan tujuan yang terukur untuk menilai kemajuan kamu. Yang terpenting, fleksibel dan bersedia beradaptasi berdasarkan masukan manajer kamu.

Baca juga: 5 Tips Jaga Kesehatan Mata Saat WFH

Konsultasikan atau ambil freelance
Jika posisi kamu saat ini bukan pilihan untuk work from home, jangan berasumsi bahwa kamu harus menemukan peran yang sama sekali baru untuk melakukan lompatan. Freelance dan konsultasi dapat memberi kamu kesempatan tanpa meninggalkan situasi pekerjaan yang aman.

Bekerja secara mandiri juga dapat memberi kamu kesempatan untuk membangun dana darurat. Pada akhirnya, kamu bahkan mungkin menemukan bahwa kamu menyukai bekerja untuk diri sendiri sehingga kamu akan memilih untuk membangun bisnismu sendiri daripada mencari pekerjaan lain. Kamu bisa menemukan daftar pekerjaan freelance online atau melalui mulut ke mulut.

Gunakan situs pencarian kerja
Berbicara tentang daftar pekerjaan online, situs pencarian pekerjaan adalah cara terbaik untuk menemukan pekerjaan-dari-rumah. Kamu dapat menggunakan situs pencarian kerja favorit kamu (Jobstreet, Ekrut, dll.)

Untuk membuatnya lebih mudah dalam menemukan pekerjaan jarak jauh, gunakan filter pencarian yang memungkinkan pencari kerja menyaring peran yang telah diidentifikasi sebagai jarak jauh.

Gunakan LinkedIn untuk menemukan langkah berikutnya dalam jalur kariermu
Bagaimana jika kamu bukan salah satu dari banyak orang yang memiliki pekerjaan kompatibel untuk bekerja dari rumah? Mungkin sekarang saatnya untuk mempertimbangkan mengubah karier. Kamu bisa memetakan keterampilan kamu yang dapat dialihkan pada karier baru.

Jangan lupa bahwa soft skill, pemecahan masalah, mendengarkan, dan cara berkomunikasi yang kamu kembangkan sepanjang karier selama ini bisa sangat berharga sekarang. Gunakan LinkedIn untuk menjelajahi berbagai kemungkinan. Lihatlah profil orang-orang yang memiliki pekerjaan yang kamu inginkan.

Coba renungkan, keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi apa dari mereka yang saat ini tidak kamu miliki? Setelah kamu mengidentifikasi apa yang terlewatkan, kamu bisa mengisi kesenjangan waktu dengan meningkatkan keterampilan diri.

Baca juga: Ingin WFH Lancar Jaya? Terapkan 5 Tips Ini!

Bicara dengan orang secara langsung
Jejaring sosial adalah tempat yang tepat untuk jalur karier baru kamu, tetapi jika kamu memutuskan ingin pindah ke bidang baru, tidak ada cara selain berbicara dengan orang-orang yang sudah ada di sana.

Siapkan wawancara informasi dengan orang-orang yang memiliki pekerjaan impian kamu, dan tanyakan kepada mereka bagaimana mereka sampai di tempat mereka sekarang. Beberapa dari mereka akan berbagi kesalahan langkah yang dapat menghemat waktu dan masalah kamu selama masa transisi karier kamu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply