Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Enam Manfaat Mengesankan Konsumsi Jus Wortel

Sumber foto: Healthline

Topcareer.id – Wortel mengandung kalium dan vitamin C, juga kaya akan vitamin A. Tak salah lagi jika makanan satu ini sangat bergizi dan bermanfaat bagi tubuh, pun ketika dikonsumsi dengan cara dijus. Minum jus wortel dianggap dapat meningkatkan kekebalan dan kesehatan mata juga kulit.

Masih ada banyak manfaat konsumsi jus wortel lainnya yang belum banyak diketahui. Berikut 8 manfaat jus wortel yang mengesankan, menurut laman Healthline.

1. Bergizi tinggi

Jus wortel rendah kalori dan karbohidrat sambil mengemas banyak nutrisi. Satu cangkir (240 mL) berisi:

Kalori: 96

Protein: 2 gram

Lemak: kurang dari 1 gram

Karbohidrat: 22 gram

Gula: 9 gram

Serat: 2 gram

Vitamin A (sebagai provitamin A): 255% dari Nilai Harian (DV)

Vitamin C: 23% dari DV

Vitamin K: 31% dari DV

Kalium: 15% dari DV

Jus wortel juga menyediakan pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan melawan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik untuk Penderita Hipertensi

2. Dapat meningkatkan kesehatan mata

Secara khusus, 1 cangkir (250 ml) jus wortel mengandung lebih dari 250% DV untuk vitamin A, sebagian besar dalam bentuk karotenoid provitamin A seperti beta karoten. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayuran yang mengandung provitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia.

3. Dapat meningkatkan kekebalan

Baik vitamin A dan C yang ditemukan dalam jus wortel bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel kekebalan dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, jus ini kaya akan vitamin B6, menyediakan lebih dari 30% DV dalam 1 cangkir (240 mL). Vitamin B6 tidak hanya diperlukan untuk respons kekebalan yang optimal, tetapi kekurangan vitamin B6 juga terkait dengan kekebalan yang melemah.

4. Dapat memberikan efek antikanker

Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam jus wortel dapat melindungi dari kanker. Secara khusus, poliasetil, beta karoten, dan lutein dari ekstrak jus wortel mungkin efektif melawan sel leukemia manusia.

Satu studi tabung reaksi menemukan bahwa mengobati sel leukemia dengan ekstrak jus wortel selama 72 jam menyebabkan kematian sel kanker dan menghentikan siklus pertumbuhan sel. Secara keseluruhan, dibutuhkan penelitian yang lebih luas. Jus wortel tidak boleh dianggap sebagai pengobatan kanker.

5. Dapat meningkatkan kontrol gula darah

Minum jus wortel dalam jumlah kecil dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Secara khusus, penelitian pada tikus dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa jus wortel yang difermentasi menurunkan gula darah dan meningkatkan penanda terkait lainnya.

Itu karena jus mengandung probiotik, yaitu bakteri menguntungkan yang memengaruhi bakteri usus yang terkait dengan diabetes.

6. Dapat meningkatkan kesehatan kulit

Satu cangkir (250 ml) jus wortel menyediakan lebih dari 20% DV untuk vitamin C, nutrisi yang larut dalam air yang diperlukan untuk produksi kolagen. Senyawa ini adalah protein berserat paling melimpah di tubuh, dan memberikan elastisitas dan kekuatan pada kulit. Selain itu, vitamin C bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.**(RW)

Leave a Reply