Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Langkah Aman yang Dilakukan Perusahaan Sebelum Terapkan WFO

Ilustrasi atasi tekanan di kantor

Topcareer.id – Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, namun pemerintah sudah mulai melonggarkan pembatasan dan sudah semakin banyak karyawan yang kembali diminta masuk kantor.

Tetapi sebelum karyawan kembali ke tempat kerja mereka, perusahaan diwajibkan untuk menilai risiko kembali bekerja selama pandemi Covid-19 dan mengambil langkah-langkah untuk mengelola risiko itu.

Selama wabah virus corona berlangsung, setiap tempat kerja akan menghadapi risiko penularan Covid-19. Sejumlah langkah harus diambil perusahaan untuk membuat tempat kerja aman bagi karyawan, kontraktor, pelanggan, dan anggota masyarakat.

Baca Juga: Ingin WFH Lancar Jaya? Terapkan 5 Tips Ini!

Berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan perusahaan untuk membantu membuat tempat kerja aman dari Covid-19 yang dapat diterapkan untuk semua bisnis.

Nilai resiko
Perusahaan harus mulai dengan memperbarui penilaian risikonya untuk mengelola risiko virus corona dalam bisnis. Ini akan membantu memahami apa yang harus perusahaan lakukan untuk bekerja dengan aman dan melindungi karyawannya.

Jarak fisik
Jika memungkinkan, tempat kerja harus memisahkan setiap karyawan setidaknya sejauh 2 meter. Jika ini tidak memungkinkan, jarak 1 meter dengan mitigasi risiko dapat diterima.

Komunikasi dengan pekerja dan berikan informasi
Konsultasikan dan libatkan orang-orang dalam langkah yang perusahaan ambil untuk mengelola risiko virus corona di tempat kerja. Ajak karyawan untuk berdiskusi seputar:

  • Menjelaskan perubahan yang perusahaan rencanakan untuk bekerja dengan aman
  • Memastikan perubahan akan berhasil dan mendengarkan ide mereka
  • Merencanakan untuk menjaga bisnis tetap berjalan dengan aman

Kerja dari rumah (WFH)
Putuskan siapa yang perlu kembali ke tempat kerja. Kembali bekerja harus merupakan proses bertahap sehingga perusahaan dapat memastikan bahwa langkah-langkah kesehatan dan keselamatan efektif dan aman bagi banyak tenaga kerja yang kembali ke kantor. Dan tetapkan siapapun yang bisa bekerja dari rumah untuk tidak kembali terlebih dahulu.

Membatasi jumlah karyawan yang kembali bekerja sangat penting untuk bisnis yang mengharuskan pekerja bekerja di ruang terbatas.

Kelola pelanggan, pengunjung, dan kontraktor
Selain mengelola karyawan saat mereka kembali bekerja, penting juga untuk meminimalkan dan membatasi jumlah kunjungan yang tidak perlu ke tempat kerja.

Kurangi interaksi di antara orang-orang dengan membuat rute aliran satu arah dalam gedung kantor, mengatur waktu kedatangan dan kepulangan karyawan.

Terapkan tindakan higienis tambahan di tempat kerja
Kebersihan di tempat kerja tidak pernah lebih penting lagi. Frekuensi mencuci tangan dan pembersihan permukaan harus meningkat, dispenser pembersih tangan harus diisi dan ditempatkan di sekitar tempat kerja, dan perusahaan harus mewajibkan karyawannya untuk memakai masker.

Limbah juga perlu dipertimbangkan, jika karyawan menggunakan tisu atau masker sekali pakai, ini harus dibuang ke tempat sampah tertutup setelah digunakan dan dibuang secara higienis.

Perusahaan dapat mendorong pekerja untuk melakukan tindakan kebersihan tambahan dengan menggunakan poster, pertemuan, dan sesi pelatihan untuk mempromosikan kebersihan yang baik di tempat kerja.

Pekerja yang rentan
Pastikan perusahaan mempertimbangkan risiko bagi pekerja yang sangat rentan terhadap virus corona dan menerapkan kontrol untuk mengurangi risiko itu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply