Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Sumber foto: USDASumber foto: USDA

Topcareer.id – Kualitas tidur yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Minimnya kualitas tidur sering dikaitkan dengan penyakit kronis dan runtuhnya sistem kekebalan tubuh. Salah satu menciptakan kualitas tidur yang baik adalah dengan memperhatikan asupan sebelum tidur.

Ada beberapa makanan dan minuman memiliki sifat yang meningkatkan kualitas tidur. Berikut beberapa makanan dan minuman terbaik yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti dilansir dari laman Healthline.

1. Almond

Almond adalah sumber nutrisi yang sangat baik, karena 1 ons (28 gram) kacang panggang kering mengandung 18% dari kebutuhan harian orang dewasa untuk fosfor dan 23% untuk riboflavin. Satu ons menyediakan 25% kebutuhan mangan harian untuk pria dan 31% dari kebutuhan mangan harian wanita.

Baca Juga: Lima Makanan Selain Sayur yang Bisa Bikin Awet Muda

Telah diklaim bahwa almond juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Ini karena almond, bersama dengan beberapa jenis kacang lainnya, merupakan sumber hormon melatonin. Melatonin mengatur jam internal dan memberi sinyal pada tubuhmu untuk bersiap tidur. Jika ingin makan almond sebelum tidur untuk menentukan apakah itu memengaruhi kualitas tidur, satu porsi 1 ons (28 gram), atau sekitar segenggam, sudah cukup.

2. Teh Chamomile

Teh Chamomile adalah teh herbal populer yang mungkin menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Itu terkenal dengan flavonnya. Flavon adalah golongan antioksidan yang mengurangi peradangan yang sering menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Selain itu, teh chamomile memiliki beberapa khasiat unik yang dapat meningkatkan kualitas tidur.Secara spesifik, teh Chamomile mengandung apigenin. Antioksidan ini mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia.

3. Kiwi

Satu buah mengandung 42 kalori dan sejumlah besar nutrisi, termasuk 71% dari DV untuk vitamin C. Buah ini memberi pria dan wanita 23% dan 31% vitamin K yang mereka butuhkan setiap hari. Ini mengandung jumlah folat dan potasium yang layak serta beberapa mineral juga.

Menurut penelitian tentang potensinya untuk meningkatkan kualitas tidur, kiwi juga bisa menjadi salah satu makanan terbaik untuk dimakan sebelum tidur. Efek penambah tidur dari kiwi terkadang dikaitkan dengan serotonin. Serotonin adalah zat kimia otak yang membantu mengatur siklus tidur.

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, trout, dan mackerel, sangat sehat. Apa yang membuat mereka unik adalah jumlah vitamin D yang luar biasa. Misalnya, satu porsi salmon sockeye 3 ons (85 gram) mengandung 570 unit internasional (IU) vitamin D.

Selain itu, ikan berlemak tinggi akan asam lemak omega-3 yang sehat, khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur, karena keduanya telah terbukti meningkatkan produksi serotonin.

5. Kenari

Kenari kaya akan banyak nutrisi, menyediakan lebih dari 19 vitamin dan mineral, selain 1,9 gram serat, dalam porsi 1 ons (28 gram). Kacang kenari sangat kaya magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga.

Beberapa peneliti mengklaim bahwa makan kenari meningkatkan kualitas tidur, karena kenari adalah salah satu sumber makanan terbaik melatonin. Kandungan asam lemak pada kenari juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Mereka menyediakan asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3 yang diubah menjadi DHA di dalam tubuh. DHA dapat meningkatkan produksi serotonin.**(RW)

Leave a Reply