Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Interview Kerja, Ditanya Apa yang Paling Tidak Disukai dari Pekerjaan Sebelumnya

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Proses pencarian kerja tentunya melelahkan, tetapi setelah mendapatkan jadwal wawancara kerja, langkah selanjutnya adalah bersiap untuk mempromosikan diri kamu.

Kamu mungkin mengharapkan beberapa pertanyaan mudah yang membahas minat kamu pada pekerjaan dan bagaimana kamu dapat membuat perbedaan dalam posisi tersebut.

Namun seringkali beberapa pertanyaan yang lebih sulit sengaja dirancang oleh HRD demi mengungkap kelemahan kamu. Salah satu contohnya adalah pertanyaan tentang apa yang kamu suka dan tidak suka dari pekerjaanmu.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Paling Sering diajukan dalam Wawancara Kerja, dan Cara Menjawabnya

Jika menemui pertanyaan ini, ubahlah jawaban kamu menjadi cara untuk menunjukkan kekuatanmu. University of California Berkely menggarisbawahi pentingnya memiliki beberapa contoh kinerja di masa lalu yang dapat memberikan konteks pada jawaban kamu.

Pertahankan Sikap Positif
Kamu akan berhasil menyampaikan informasi tentang suka dan tidak suka tentang pekerjaan kamu jika sikap kamu antusias dan optimis. Calon pemberi kerja sangat mungkin mengajukan pertanyaan sederhana namun sulit ini kepada kamu, tetapi fokuslah menjawab dengan sikap positif.

Pertanyaan:
“Apa yang Anda paling tidak suka tentang pekerjaan Anda?”

Jawaban:
Saya tertarik pada pekerjaan itu karena tanggung jawab khusus yang tercantum dalam pengumuman posisi pada pekerjaan. Bahkan ketika saya menghadapi sesuatu yang menantang, saya mengambil kesempatan untuk mengembangkan keterampilan saya dan menjadi karyawan yang lebih berpengalaman.

Tunjukkan Peningkatan Diri
Biasanya petugas perekrutan menggunakan proses wawancara untuk mengukur potensi area pertumbuhan calon karyawan. Dengarkan pertanyaan dengan cermat dan cari kesempatan untuk menunjukkan komitmen kamu terhadap peningkatan diri.

Pertanyaan:
“Apa yang Anda lakukan saat diberi tugas yang tidak Anda sukai atau tidak dapat Anda selesaikan?”

Jawaban:
“Saya melihat setiap tugas sebagai cara untuk menunjukkan kekuatan dan keterampilan saya. Saya benar-benar tidak memiliki rasa suka dan tidak suka terhadap pekerjaan. Jika saya menemukan sesuatu yang tidak ada di bagian atas daftar tugas favorit saya, saya akan anggap itu sebagai tantangan. Saya menemukan bahwa jika saya bekerja keras pada sesuatu, saya akan menjadi lebih ahli dalam pekerjaan saya, dan pada akhirnya saya bisa terus tumbuh dan belajar dengan cara baru.”

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply