Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, November 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Kamu Pengguna Chrome? Segera Perbarui, dan Dapatkan Fitur Menarik Ini

Topcareer.id – Pengguna web broser Chrome besutan Google ini didesak untuk segera memeriksa peramban mereka agar sepenuhnya melakukan pemutakhiran. Karena dalam rilis terbarunya Google meluncurkan tambahan penting yang memperbaiki bug keamanan zero-day yang buruk.

Jika kamu menggunakan browser Chrome yang sangat populer ini setiap hari, maka ada baiknya memeriksa apakah perangkat lunak ini sudah diperbarui sepenuhnya dengan rilis terbaru dari Google.

Perusahaan teknologi AS ini baru saja meluncurkan patch keamanan yang sangat penting yang menangani total lima kerentanan keamanan serius termasuk yang dapat mengeksploitasi bug zero-day.

Baca Juga: Waspada, Ekstensi Google Chrome Digunakan untuk Mata-matai Kamu

Dalam sebuah posting di halaman blognya, Google mengkonfirmasi, “Kami mengetahui laporan bahwa eksploitasi untuk CVE-2020-15999 ada di luar.”

Ben Hawkes, dari tim Project Zero Google, juga menambahkan: “Project Zero menemukan dan melaporkan zero day yang dieksploitasi secara aktif di free type yang digunakan untuk menargetkan Chrome. Rilis stabil yang memperbaiki masalah ini (CVE-2020-15999) telah tersedia.”

Istilah zero day ini digunakan ketika kerentanan perangkat lunak yang baru diciptakan ditemukan. Dan Google selalu bereaksi begitu cepat untuk memperbaikinya.

“Kami juga ingin berterima kasih kepada semua peneliti keamanan yang bekerja dengan kami selama siklus pengembangan untuk mencegah bug keamanan mencapai saluran stabil,” kata Google.

Untuk memastikan browser kamu diperbarui sepenuhnya, cukup buka browser Chrome lalu klik “Chrome” di bilah menu. Kemudian tap “Tentang Chrome” dan periksa apakah Versi 86.0.4240.111 sudah terpasang.

Berita tentang pembaruan Chrome ini datang saat Google menghadapi tantangan lain dengan peramban Firefox saingannya merilis pembaruan besar untuk perangkat lunaknya.

Pembaruan baru, yang diumumkan oleh Mozilla mencakup banyak fitur dan peningkatan kecepatan seperti halaman web yang menggunakan tata letak berbasis flexbox yang memuat 20 persen lebih cepat dari sebelumnya.

Memulai kembali sesi yang sebelumnya telah ditutup juga lebih cepat dengan tim di Mozilla mengklaim bahwa semuanya dapat berjalan 17 persen lebih cepat dari sebelumnya. Jika kamu menggunakan Windows, maka ada peningkatan 10 persen lebih lanjut untuk kecepatannya.

Terakhir, terdapat pembaruan pada tombol Picture-In-Picture yang mendapat tampilan dan posisi baru, sehingga memudahkan pengguna untuk mencari dan menggunakan fitur ini. Jika kamu memiliki Mac, maka Picture-In-Picture juga sekarang memiliki pintasan keyboard (Option + Command + Shift + Right Bracket) yang berfungsi sebelum kamu mulai memutar video apa pun.

Pembaruan ini akan disambut baik oleh pengguna Firefox meskipun browser ini masih memiliki jalan panjang sebelum dapat mengejar Chrome.

Google Chrome terus menjadi peramban paling populer di dunia, dengan statistik terbaru yang memberikan perangkat lunak ini pangsa pasar 69,19 persen yang menakjubkan.

Firefox berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 7,6 persen, diikuti oleh Microsoft Edge dengan pangsa pasar 7,48 persen.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply