Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Cepat Dapat Kerja? Coba 5 Cara Ini

IlustrasiIlustrasi Interview

Topcareer.id – Siapa bilang cari pekerjaan itu gampang? Berdasar survei Jobvite, 71% orang yang sudah bekerja ternyata masih sibuk cari pekerjaan baru.

Terutama di masa pandemi seperti ini, di mana ancaman PHK dan pemotongan gaji membuat orang berpikir dua kali untuk bertahan di pekerjaan lama.

Nah, lalu bagaimana dengan masih menganggur. Kira-kira masih ada enggak ya kesempatan untuk bersaing dengan 71% orang tadi, dan mendapatkan pekerjaan yang layak?

Eits, jangan patah semangat dulu. Kamu bisa coba 5 tips berikut ini agar pencarianmu lekas membuahkan hasil.

Terjun langsung
Pusing karena tak pernah dapat respon ketika melamar secara online? Mungkin ini waktunya untuk melamar secara langsung.

Jika datang langsung ke perusahaan membawa CV tidak memungkinkan di masa pandemi seperti sekarang ini, cobalah kumpulkan beberapa koneksi yang kita miliki selama ini, lalu tanyakan secara langsung apakah ada posisi yang bisa kamu tempati.

Jika koneksimu belum banyak, coba tanya teman kamu. Siapa tahu mereka punya koneksi yang bisa mengantarkanmu menuju pekerjaan baru.

Baca juga: 6 Pertanyaan Unik yang Aman Ditanyakan saat Wawancara Kerja

Maksimalkan sesi wawancara
Setelah berhasil dapat panggilan wawancara, langkah berikutnya adalah memaksimalkan kesempatan ini dengan baik. Kamu bisa mempelajari tips-tips menghadapi wawancara kerja di Topcareer.id, atau mencari tahu detail perusahaan tempat kamu melamar. Dengan begitu, rekruter pun akan terkesan padamu.

Bersih-bersih media sosial
Meski mencari pekerjaan secara langsung, bukan berarti rekruter tak akan mencari tahu mengenai kita. Beberapa dari mereka akan mengintip media sosial kita, untuk memastikan kepribadian kita sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Nah, biar langkah kamu tidak terjegal, lebih baik dari sekarang mulai deh sempatkan waktu untuk bersih-bersih di media sosial. Kamu bisa memulainya dengan melengkapi atau mengupdate portofolio di Linkedin kamu, menghapus cuitan atau postingan kontroversial, dan lebih berhati-hati lagi dalam memakai media sosial di kemudian hari.

Mengisi waktu luang dengan hal positif
Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh The Journal of Career Assessment, 26 individu dari 265 orang yang disurvei berhasil mendapatkan pekerjaan setelah memakai waktu luangnya menjadi sukarelawan.

Hal-hal positif yang kamu lakukan setiap harinya, terlebih yang melibatkan banyak orang, akan memungkinkanmu untuk bertemu dengan koneksi baru, serta membuatmu terlihat semakin terlihat menarik untuk dipekerjakan.

Baca juga: 4 Pertanyaan Seputar Gaji yang Bisa Diajukan dalam Wawancara Kerja

Melamarlah di waktu yang tepat
Tips terakhir, cobalah lakukan riset tentang waktu terbaik untuk mencari pekerjaan. Kalau menurut Mindbrige Software, Scott Testa, ada beberapa bulan yang bisa jadi rekomendasi kamu untuk sibuk mencari kerja, termasuk bulan ini.

“Bulan terbaik untuk mencari pekerjaan adalah Januari dan Februari, akhir September dan Oktober,” ujarnya dalam sebuah wawancara.

Nah, tunggu apalagi, yuk kita coba tips di atas. Semoga berhasil.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply