Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

3 Level Kesadaran Kerja untuk Mencapai Efektivitas Future of Work

Sumber foto: thriveglobal.com

Topcareer.id – Akibat pandemi, hampir setiap perusahaan menerapkan kebijakan kerja dari rumah, atau bahkan hybrid sistem, kerja di rumah atau di kantor. Pandemi memaksa bisnis menjemput pekerjaan masa depan lebih cepat dari yang diperkirakan.

Salah satu ciri-ciri pekerjaan masa depan itu sendiri menurut CEO Jojonomic, Indrasto Budisantoso, di mana tidak dibatasi oleh waktu dan tempat, tepat seperti yang kita alami saat ini di masa pandemi, kerja bisa dilakukan di mana saja.

“Tapi untuk bisa benar-benar kerja yang tidak terbatas oleh waktu dan tempat itu harus dicapai level kesadaran kerja tertentu karena kalau tidak, tingkat future of work yang tidak dibatasi oleh waktu dan tempat itu tidak akan efektif,” kata Indrasto dalam media briefing virtual, Jumat (23/10/2020).

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa ada tiga level kesadaran kerja untuk mencapai future of work. Di level kesadaran yang paling dasar, yakni orang bekerja untuk survive dan merasa aman. Mereka yang ada di tingkat kesadaran ini, akan melakukan apa yang disuruh sesuai tempat dan waktunya.

Baca juga: Studi: Kerja dari Rumah Turunkan Produktivitas dan Inovasi

Lalu, di tingkat kedua dalam piramida ada level kesadaran kerja untuk self esteem dan self belonging, di mana mereka bekerja untuk memenuhi apresiasi diri.

“Itu ciri-cirinya adalah ‘Saya bisa memenuhi job descrisption saya,’ itu level kesadaran kedua. Di level kesadaran itu, future of work belum tercapai,” ujar dia.

Dan pada tingkat atas level kesadaran kerja, yakni di mana orang bekerja memang untuk mengaktualisasi diri. Ciri-ciri utamanya adalah bekerja dengan passion dan merasa bahwa kesuksesan perusahaan adalah kesuksesan dirinya juga.

“Ciri itulah yang benar-benar kerja tidak perlu ada restriksi ruang dan waktu. Dan produk-produk Jojonomic mengarahkan dan membuat supaya tingkat kesadaran ketiga ini tercapai.”

Baca juga: Microsoft Bolehkan Karyawan Kerja dari Rumah Secara Permanen

Salah satu produk  terbaru dari Jojonomic, yakni Officeless merupakan inovasi aplikasi bisnis yang bisa diimplementasikan secara mudah dan dengan fitur yang komprehensif. Officeless dari Jojonomic juga menguatkan kompetensi dunia usaha/dunia kerja

“Dan ini bisa memastikan bahwa semua orang yang kerja di perusahaan tersebut bisa kerja dengan tingkat kesadaran kerja yang tertinggi,” jelas Indrasto.

“Karena dengan ini mereka bisa kerja di mana saja, mereka bisa kerja produktif kapan saja, dan mereka bisa benar-benar kerja itu sesuai passionnya. Jadi pekerjaan yang tdak sesuai passion itu biarlah dilakukan oleh sistem.”

Jojonomic sendiri adalah perusahaan platform bisnis all in one untuk mempermudah pengelolaan perusahaan. Mulai dari aplikasi untuk pengelolaan human resources (HR), pengelolaan sales, finance, produktivitas hingga data intelligence secara legkap.**(Feb)

Leave a Reply