Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengenal HAL, Teknologi yang Membuat Pasien Lumpuh Kembali Berdiri

Sumber foto: hackaday.com

Topcareer.id – The Hybrid Assistive Limb (HAL) pada dasarnya adalah cyborg yang dapat dipakai oleh manusia untuk membantu mereka yang mengalami cedera tulang belakang dan distrofi otot agar bisa mendapatkan kembali gerakan mereka dan memperkuat saraf serta otot mereka.

Dikenal sebagai exoskeletons, alat yang dikembangkan oleh ahli robotika Jepang Yoshiyuki Sankai ini adalah sejenis jas yang ringan dengan sambungan yang ditenagai oleh motor listrik kecil, yang berfungsi sebagai otot mekanik.

Seperti dikutip dari CNN, hal yang menakjubkannya adalah pasien cukup menggunakan gelombang otak mereka untuk mengendalikan cyborg ini.

Baca juga: Sakit Kepala? Coba Redakan dengan 5 Jenis Teh Herbal Ini

Pusat Perawatan Cybernik Brooks di Jacksonville, Florida, AS menjadi yang pertama menggunakan teknologi rehabilitasi ini.

Pada tahun 2050 nanti, diprediksi akan ada lebih dari 2 miliar orang di atas usia 60 menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Exoskeleton dapat menawarkan solusi bagi populasi yang menua di dunia.

Di masa depan, ketika tubuh manusia semakin menua seiring bertambahnya usia, eksoskeleton didukung oleh pikiran yang aktif dapat membantu orang tetap berdiri.

Dengan aplikasi potensial sangat besar yang tersedia, pasar exoskeleton medis global akan bernilai sekitar USD 2,8 miliar pada tahun 2023, menurut perusahaan riset Markets and Markets.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply