Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, December 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Manfaat Saffron Si Rempah Termahal di Dunia Bagi Kesehatan

Topcareer.id – Saffron adalah rempah-rempah kecil anggota keluarga lily. Saffron harus dipilih dengan susah payah, dipotong kemudian diletakkan dengan hati-hati di atas saringan dan diawetkan dengan panas untuk memperdalam rasanya.

Proses yang sangat padat karya ini membuat saffron sebagai rempah termahal di dunia. Saat ini saffron diproduksi secara komersial di Iran, Yunani, Maroko, Spanyol, Kashmir dan Italia.

Iran adalah penghasil safron terpenting, baik dari segi volume maupun kualitas, dan Spanyol menjadi pengimpor saffron terbesar.

Baca Juga: 5 Minuman Rempah Khas Indonesia untuk Kekebalan Tubuh

Selain sebagai bumbu masak yang paling mahal, ternyata saffron juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang membuatnya semakin istimewa.

1. Melindungi dari kanker

Saffron mengandung karoten larut dalam air disebut crocin yang bertanggung jawab atas sebagian besar warna emas yang dihasilkannya. Crocin juga ditemukan untuk memicu apoptosis [kematian sel terprogram] pada sejumlah jenis sel kanker manusia, leukemia, karsinoma ovarium, adenokarsinoma kolon, dan sarkoma jaringan lunak. Para peneliti di Meksiko yang telah mempelajari ekstrak saffron telah menemukan bahwa saffron dan komponen aktifnya menunjukkan kemampuan untuk menghambat sel-sel ganas dari kanker pada manusia.

2. Meningkatkan retensi memori

Penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak saffron, khususnya crocinnya, berguna dalam pengobatan gangguan mental terkait usia. Di Jepang, saffron dikemas dan digunakan untuk pengobatan penyakit Parkinson, kehilangan ingatan, dan peradangan.

3. Stimulan untuk wanita

Pada wanita yang masa pubertasnya tertunda atau kurang berkembang, saffron memiliki efek stimulan merangsang hormon yang dibutuhkan dan menghasilkan efek yang diinginkan. Saffron juga bisa membantu mengatasi masalah PMS pada wanita

4. Untuk meningkatkan vitalitas

Dalam libido rendah saffron membantu sebagai stimulan seksual dan dapat dikonsumsi hanya dalam dosis sejumput saja untuk dicampur dengan segelas air menjelang tidur.

5. Masalah kebotakan

Saffron yang dicampur dengan kayu manis dan susu menjadi aplikasi topikal yang efektif untuk mendorong pertumbuhan rambut di alopecia.

6. Perlindungan terhadap flu

Saffron adalah tonik stimulan dan sangat efektif untuk mengobati flu dan demam. Saffron yang dicampur dengan susu dan dioleskan di dahi dengan cepat mengurangi demam dan meredakan rasa kedinginan akibat flu.

7. Zat aditif makanan

Saffron merupakan pengganti yang sangat baik untuk aditif makanan sintetis, warna kuning cerah Saffron bisa menjadi pilihan hipoalergenik yang dapat diterima.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply