Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Jangan Dianggap Sepele, Ini yang Dilakukan Social Media Specialist

Topcareer.id – Banyak orang melihat pekerjaan seorang social media specialist itu mudah, sederhana, dan bisa dikerjakan siapapun.

Padahal mereka hanya melihat sisi luar dari pekerjaan ini, seperti posting konten, membalas komentar dan DM.

Faktanya, pekerjaan sebagai social media specialist tidak sesederhana itu. Banyak hal harus dikuasai untuk bisa mendapat pekerjaan ini.

Berikut ini job description sebenarnya dari pekerjaan Social Media Specialist:

Baca juga: 10 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Social Media Specialist (Bagian 1)

  • Mengembangkan, menerapkan, dan mengelola strategi media sosial
  • Menentukan KPI media sosial dan membuat content plan, scheduling, hingga reporting
  • Mengukur keberhasilan setiap kampanye di media sosial
  • Tetap up to date dengan praktik dan teknologi media sosial terbaru yang relevan dengan audiens
  • Bekerja sama dengan copywriter dan desainer untuk memastikan konten informatif dan menarik
  • Berkolaborasi dengan tim Pemasaran, Penjualan, dan Pengembangan Produk untuk menentukan strategi dalam media sosial
  • Tidak hanya sekedar membalas komentar, namun juga harus memantau SEO dan keterlibatan pengguna serta melakukan pengoptimalan konten
  • Berkomunikasi dengan profesional industri dan influencer melalui media sosial untuk membuat jaringan yang kuat
  • Tidak jarang seorang social media specialist dituntut untuk bisa mengerjakan copywriting, desain, edit foto, hingga admin

Untuk bekerja di bidang ini pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu yang berminat menjadi social media specialist harus memiliki pengalaman, memiliki pengetahuan luar biasa tentang Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Google+, hingga Pinterest.

Baca juga: 10 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Social Media Specialist (Bagian 2)

Kamu juga harus memahami SEO beserta tekniknya, serta paham tentang metrik lalu lintas web.

Selain itu, kamu pun harus pandai berpikir kritis dan memiliki keterampilan memecahkan masalah, sanggup bekerja sebagai tim, memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik, serta memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi yang hebat.

Nah, ternyata cukup berat kan untuk menjadi seorang social media specialist? Tetapi, semua itu tidak ada yang tidak mungkin. Apabila kamu memiliki passion yang cukup kuat di bidang ini, tentunya kamu akan menemukan jalannya dan terus mengasah kemampuanmu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply