Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tips Mendapatkan Lebih Banyak Ulasan di Google dan Mengapa Itu Penting

Topcareer.id – Saat ini sebagian besar pelanggan mulai menelusuri bisnis secara online bahkan saat mereka mencari sesuatu di area lokal mereka.

Pencarian bisnis lokal bisa sangat berpengaruh. Menurut data dari HubSpot, 72 persen konsumen mengunjungi toko dalam jarak lima mil dari lokasi mereka setelah melakukan pencarian lokal.

Meskipun ada banyak faktor yang dapat memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli setelah melakukan penelusuran Google, hanya sedikit yang lebih berpengaruh daripada ulasan.

Baca Juga: Ketika Senator Amerika Serikat Kesulitan Mengucapkan Nama CEO Google

Ulasan google itu penting karena pengguna membangun kepercayaan dan kredibilitas, serta berfungsi sebagai informasi dari mulut ke mulut modern. Semakin banyak ulasan yang didapat bisnis lokal, semakin berpengaruh iklan tersebut akan muncul di hasil penelusuran.

Berikut tips untuk kamu memulainya.

1. Klaim Google My Business profile

Jika kamu belum melakukannya, kamu perlu mengklaim Google My Business profile. Profil ini sepenuhnya gratis dan memberi kamu kendali penuh atas listingan toko kamu yang muncul di pencarian Google. Ini berguna untuk memungkinkan kamu memperbarui informasi dasar seperti alamat, jam kerja, dan tautan ke situs web kamu. Selain itu juga dapat mengunggah foto toko. Mengisi informasi profil dasar ini memberi tahu pengguna bahwa ini adalah profil resmi kamu yang membuat pelanggan lebih cenderung meninggalkan ulasan.

2. Kirim pengingat email

Sebagian besar pelanggan tidak akan memberikan ulasan langsung setelah mereka memesan produk dari situs web kamu atau setelah mereka menyelesaikan transaksi di toko. Mereka harus benar-benar merasakan produk atau layanan kamu sebelum merasa nyaman memberikan ulasan. Ini adalah bagian dari alasan mengapa Metacritic baru-baru ini mengubah kebijakan ulasannya untuk video game, sehingga pemain hanya dapat memberikan ulasan setelah game dirilis selama 36 jam dan mereka benar-benar mengalaminya. Untuk bisnis lokal, sebaiknya kirim pengingat email beberapa hari atau seminggu setelah penyelesaian transaksi.

3. Berbagi review positif di outlet lain

Orang ingin tahu bahwa pendapat mereka didengarkan. Memaksimalkan jangkauan ulasan positif kamu adalah sama-sama menguntungkan. Ulasan bagus dapat memberikan materi pemasaran untuk Facebook atau Twitter, atau berfungsi sebagai testimonial yang dapat diverifikasi untuk situs web kamu. Pada saat yang sama, banyak pengulas suka melihat komentar mereka dibagikan secara lebih luas, yang dapat mendorong lebih banyak orang untuk memberikan ulasan untuk kamu. Melakukan ulasan positif untuk ditampilkan di situs web atau profil media sosial kamu akan memberikan bukti sosial yang kuat bagi pelanggan yang tidak menemukanmu melalui penelusuran Google.

4. Gunakan pengingat fisik untuk ulasan digital

Kamu tidak selalu bisa mengumpulkan alamat email untuk mengingatkan pelanggan agar memberikan masukan mereka. Namun, menggunakan beberapa metode jadul masih bisa membantumu mengumpulkan lebih banyak ulasan. Misalnya, kontraktor dan perusahaan jasa sering meninggalkan kartu nama setelah menyelesaikan pekerjaan untuk klien. Di samping kartu bisnis dan dokumen lain yang ditinggalkan, pertimbangkan untuk menambahkan kartu ulasan Google.

5. Tanggapi ulasan saat ini

Terlepas dari apakah kamu mendapatkan ulasan yang baik atau buruk, penting untuk menanggapi ulasan Google yang kamu terima. Analisis Harvard Business Review atas ulasan hotel di Google menemukan bahwa hotel yang menanggapi komentar pelanggan akan menerima ulasan 12 persen lebih banyak, sekaligus meningkatkan peringkatnya sebesar 0,12 bintang. Namun, berhati-hatilah saat menanggapi ulasan negatif. Lihat ini sebagai kesempatan untuk belajar dan mengembangkan bisnis kamu. Tawarkan untuk membantu pelanggan dan memperbaiki keadaan, daripada mencoba berdebat dengan mereka.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply