Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, December 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Selama Vaksin COVID-19 Belum Tersedia, Sistem Kekebalan Tubuh Masih yang Terbaik untuk Lawan Virus Corona

Topcareer.id – Pandemi virus corona masih terus bergulir, masih belum terlihat kapan semua ini bisa berlalu, penelitian demi penelitian terus dilakukan untuk menemukan vaksin bagi virus mematikan ini.

Selama semua masyarakat dunia yang terdampak pandemi COVID-19 menantikan ditemukannya vaksin, sistem kekebalan tubuhlah yang menjadi pertahanan terbaik dari serangan virus ini.

Sistem kekebalan tubuh manusia terdiri dari struktur sel darah putih, antibodi, protein kompleks, jaringan, dan organ yang rumit serta saling bergantung. Beberapa bagian dari sistem bertindak sebagai penghalang literal yang mencegah virus dan bakteri mencapai organ seperti otak, sementara yang lainnya memburu dan menghilangkan penyakit yang menyerang dari tubuh.

Baca Juga: Lawan Corona, Ini 14 Makanan Alami Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Meskipun sistem kekebalan efektif melawan banyak kuman dan virus penyebab penyakit, diperlukan waktu bagi sistem imun tubuh untuk membiasakan diri dengan musuh baru. Dalam banyak skenario, patogen harus dapat mengenali patogen penyebab penyakit sebagai bahaya sebelum dapat dikeluarkan dari tubuh. Ini biasanya hanya mungkin setelah seseorang mengembangkan antibodi spesifik pasca sakit atau menerima vaksin.

Berikut beberapa istilah penting yang perlu diketahui untuk memahami cara kerja sistem kekebalan tubuh.

Patogen: Mikroba yang dapat menginfeksi tubuh dan menyebabkan penyakit.
Antigen: Protein ditemukan di permukaan patogen.
Antibodi: Protein sehat yang dapat mengenali dan mengikat antigen tertentu.

Ketika antibodi mengenali antigen dari patogen yang menyerang, ia mengikat dirinya dengan erat. Setelah dipasang itu akan bertindak sebagai suar dan memberi sinyal elemen lain dari sistem kekebalan untuk menyerang dan melawan penyerang.

Batasan sistem kekebalan tubuh terhadap COVID-19

Penting untuk diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh yang kuat sekalipun tidak akan mencegah kamu tertular COVID-19.

Virus corona yang menyebabkan COVID-19 adalah patogen baru, yang berarti mereka yang tertular virus tersebut tidak memiliki antibodi untuk meningkatkan pertahanan. Oleh karena itu, tetap penting untuk terus mempraktikkan jaga jarak fisik, kebersihan tangan yang baik, dan mengenakan masker.

Namun, mengembangkan sistem kekebalan yang kuat selagi kamu sehat akan sangat berguna saat tubuh membiasakan diri dengan virus baru jika kamu sakit. Ambil langkah-langkah kesehatan sejak sekarang untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menghadapi virus baru ini. Tetapi diyakini bahwa olahraga dan aktivitas berkualitas, nutrisi baik, kesejahteraan emosional dan psikologis yang terjaga, serta pilihan gaya hidup sehat dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh kamu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply