Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Langkah dan Jalur Akademik yang Harus DIlalui untuk jadi Profesor

Dok/College Transitions

Topcareer.id – Menjadi profesor di perguruan tinggi membutuhkan penguasaan materi pelajaran dan bakat mengajar dengan cara yang menarik.

Keterampilan presentasi yang baik, kemampuan berpikir kritis dan pemahaman tentang siswa yang beragam dan gaya belajar membantu seorang untuk bisa berhasil meraih gelar profesor.

Profesor di sekolah tinggi umumnya membutuhkan setidaknya gelar master, sedangkan mereka yang berada di lembaga atau sekolah profesional dan universitas biasanya membutuhkan gelar doktor.

Berikut ini jalur akademik untuk bisa menjadi profesor:

Sarjana
Gelar sarjana empat tahun adalah langkah pertama untuk menjadi profesor di perguruan tinggi atau universitas komunitas. Pilih jurusan yang terkait erat dengan yang kamu dan rencanakan untuk belajar di sekolah pascasarjana dan kemudian mengajar.

Baca juga: 6 Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dikembangkan di Zaman Ini

Gelar Master
Selesaikan gelar master dalam mata pelajaran yang kamu rencanakan untuk diajarkan di universitas. Gelar master biasanya bisa diraih di perguruan tinggi dalam waktu dua tahun.

Gelar Doktor
Umumnya gelar doktor membutuhkan enam tahun studi setelah meraih gelar sarjana dan gelar master. Selain itu juga harus menyelesaikan kursus, memilih topik khusus untuk penelitian asli dan menulis disertasi sebelum menerima gelar doktor.

Pelamar dengan gelar doktor memiliki keunggulan dibandingkan mereka yang hanya memiliki gelar master untuk pekerjaan sebagai profesor di perguruan tinggi, terutama ketika persaingan kerja ketat.

Pengalaman
Sekolah pasca sarjana lebih memilih untuk mempekerjakan profesor dengan pengalaman dunia nyata dalam materi pelajaran dan pengalaman sebagai guru. Misalnya, bekerja sebagai masterchef, ahli akuntan, atau seniman visual.

Pengalaman sebagai asisten pengajar selama program magister atau doktoral juga membantu menunjukkan kemampuan kamu di perguruan tinggi atau universitas untuk menjadi profesor.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply