Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kenapa Orang Merasa Pusing saat Membaca di dalam Kendaraan? Ini Penjelasannya

Dok/HuffPost

Topcareer.id – Bagi kamu yang suka membaca buku atau gemar bermain game menggunakan smartphone pastinya sangat menyenangkan jika kamu mengisi waktu sambil melakukan hal tersebut.

Tapi, pernahkah kamu tiba-tiba merasa pusing saat membaca atau bermain game dengan smartphone di dalam kendaraan yang sedang berjalan? Tentunya hal ini menyebalkan.

Tak hanya itu, menonton video atau mengetik pesan menggunakan handphone di dalam mobil yang berjalan juga bisa menyebabkan pusing.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Baca juga: 6 Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dikembangkan di Zaman Ini

Pengalaman tersebut dikenal sebagai motion sickness atau mabuk perjalanan. Ini secara umum terjadi jika telinga bagian dalam dan mata kamu mengalami perbedaan pergerakan.

Ketika kamu membaca, bermain game, atau mengetik pesan singkat di dalam mobil, bidang visual kamu tetap diam tetapi telinga bagian dalam kamu mendeteksi dengan merasakan lika-liku perjalanan.

Konflik sensorik ini yang memicu terjadinya pusing dan mual, ini menyebabkan otak mengira kamu telah makan sesuatu yang beracun dan membuat kamu berhalusinasi.

Mereka yang rentan terhadap motion sickness biasanya kelompok anak-anak berusia 2-12 tahun, orang tua, penderita migrain, dan wanita hamil. Semua kelompok ini berisiko tinggi mengalami mabuk perjalanan dibandingkan orang di luar kelompok tersebut.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply