Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Mengejutkan, CDC Ungkap COVID-19 Sudah Ada Di Amerika Serikat Sebelum China

Topcareer.id – Pengujian yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS telah menemukan bahwa infeksi Covid-19 pertama ada di AS pada Desember 2019.

Hasil tersebut memberikan bukti lebih lanjut yang menunjukkan bahwa virus corona menyebar secara global beberapa minggu sebelum kasus pertama dilaporkan di China.

Studi yang diterbitkan Senin (30/11) mengidentifikasi 106 infeksi dari 7.389 sampel darah yang dikumpulkan dari donor di sembilan negara bagian AS antara 13 Desember 2019 dan 17 Januari 2020.

Baca Juga: Ilmuwan China Ini Sebut Asal Muasal Virus Corona Bukan dari Wuhan

Sampel yang dikumpulkan oleh Palang Merah Amerika dikirim ke CDC untuk dilakukan pengujian. Untuk mendeteksi apakah ada antibodi yang melawan virus.

Temuan laporan ini menunjukkan bahwa infeksi SARS-CoV-2 mungkin telah ada di AS pada Desember 2019, lebih awal dari yang diketahui sebelumnya.

Laporan pneumonia misterius yang menyebar di Wuhan, Cina, pertama kali muncul pada akhir Desember 2019. Setelah berkembang biak dengan cepat ke seluruh kota pada minggu-minggu berikutnya, penyakit ini menyebar ke seluruh dunia, dengan kasus AS pertama muncul pada 19 Januari.

Pengungkapan dalam makalah oleh para peneliti dari CDC memperkuat pemahaman yang berkembang bahwa virus corona diam-diam beredar di seluruh dunia lebih awal dari yang diketahui, dan dapat memicu kembali perdebatan tentang asal-usul pandemi.

Ini bukan bukti pertama yang menunjukkan virus itu mungkin ada atau menginfeksi orang di luar China sebelum 2020. Seorang pasien di Prancis ditemukan telah tertular virus setelah dirawat di rumah sakit dengan gejala mirip flu pada akhir Desember 2019, ini bertentangan dengan statistik resmi yang menunjukkan Covid- 19 orang mencapai negara itu dari orang-orang yang kembali dari Wuhan pada akhir Januari 2020.

Studi CDC menunjukkan ada infeksi yang terisolasi di bagian barat AS pada pertengahan Desember 2019. Antibodi juga ditemukan pada awal Januari 2020 di negara bagian lain sebelum virus diketahui telah masuk ke tempat-tempat tersebut.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply