Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

4 Cara Out of The Box untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

Cara meningkatkan kesehatan mental dengan mencuci piring.

Topcareer.id – Kita semua tahu bahwa makan dengan sehat, tidur nyenyak, dan berolahraga teratur adalah cara yang terbukti untuk meningkatkan kesehatan mental. Namun, terkadang kita perlu melakukan sesuatu yang berbeda, sesuatu untuk member kita dorongan ekstra.

Jika kamu berpikir di luar kebiasaan atau out of the box, kamu dapat menerapkan beberapa ide positif untuk meningkatkan kesehatan mental dengan cara berikut, seperti dilansir dari laman The Ladders.

1. Bersih-bersih

Pemandangan tumpukan piring atau kamar tidur yang berantakan sudah cukup untuk membuat mood turun. Namun, penelitian menunjukkan bahwa bersih-bersih sebenarnya bisa menjadi hal yang positif untuk kesehatan mental.

Terkadang, itu tergantung pada bagaimana kamu melakukannya. Misal, saat mencuci piring, cobalah melakukannya dengan penuh perhatian. Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang berfokus pada mencium sabun, merasakan suhu air, dan memperhatikan sentuhan mereka di piring saat mencuci meningkatkan perasaan inspirasi sebesar 25% dan mengurangi tingkat kegugupan mereka sebesar 27%.

Bahkan tugas kecil merapikan tempat tidur dapat membuat perbedaan. National Sleep Foundation melaporkan bahwa orang yang merapikan tempat tidur di pagi hari memiliki kemungkinan 19% lebih tinggi untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

2. Go green

Tidak ada keraguan bahwa keluar rumah sangat bagus untuk suasana hati, tetapi begitu juga dengan memiliki lebih banyak tanaman di dalam rumah. Jika kamu tidak memiliki tanaman hijau yang indah di ruang kerja, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menambahkannya.

Penelitian menunjukkan bahwa dikelilingi oleh tanaman hijau dapat membantumu berkonsentrasi, meningkatkan retensi memori, meningkatkan kualitas hidup, dan menciptakan perasaan sejahtera. Selain itu, jika kamu ingin menjadi produktif, The University of Exeter menemukan bahwa produktivitas karyawan meningkat sebesar 15% saat tanaman hias ditambahkan ke lingkungan kerja. Berikut beberapa tumbuhan yang terbukti membantu kesehatan mental:

Tanaman Lavender – dapat membantu mengurangi kecemasan membuat suasana menenangkan.

Tanaman Bambu – telah ditemukan untuk menginduksi efek relaksasi pada orang dewasa.

Peace Lillies – diidentifikasikan oleh NASA sebagai pembersih udara. Mereka dapat menyaring asap beracun yang menyebabkan hal-hal seperti mata kering dan sakit kepala, yang menambah tingkat stres.

Baca juga: Jenis Cangkir Atau Gelas Bisa Pengaruhi Kualitas Rasa Kopi

3. Doodle, doodle, doodle

Coba manfaatkan coffee break di mejamu. Ambil pulpen atau pensil dan buat orat-oret. Corat-coret yang sederhana dan spontan dapat membantu meredakan stres psikologis. Juga, menurut Lancet, ini mungkin memberikan banyak manfaat terapeutik yang tidak terduga.

 Mencoret-coret dianggap memberi sirkuit fokus istirahat yang memungkinkanmu mengatur ulang pikiran. Ini dapat membantumu menjadi lebih kreatif dan fokus pada tugas saat ini dalam jangka panjang. Jika kamu terjebak pada suatu masalah, memiliki hambatan kreatif, atau merasa stres, istirahatlah dan mulailah menulis sesuatu secara khusus.

4. Terlibat dalam komunitas

Meluangkan waktu untuk menjadi sukarelawan dapat: Menangkal efek stres, amarah, dan kecemasan; Memerangi depresi; Tingkatkan perasaan bahagia, Berikan rasa tujuan; Tingkatkan kepercayaan diri.

Menurut HelpGuide – penelitian menunjukkan hanya dua hingga tiga jam kerja sukarela per minggu membawa manfaat paling banyak bagimu dan tujuan yang kamu dukung.

Leave a Reply