Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juni 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Haruskah Pakai Dua Masker Sekaligus untuk Cegah Penularan COVID-19?

Foto Ilustrasi Masker (newsbreak.com)

Topcareer.id – Masker efektif yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19, yakni masker dengan tiga lapis bahan. Meski begitu, banyak juga orang-orang di sekitar kita yang ditemui memakai dua masker sekaligus. Apakah perlu memakai dua masker untuk cegah COVID-19?

Para ahli mengatakan bahwa mamakai dua masker sekaligus adalah langkah tambahan yang dapat membantu membatasi “kebocoran” udara, tetapi tidak diperlukan dalam banyak kasus.

“Bagi kita semua, masker kedua dapat mengurangi ‘kebocoran’ dan dapat menjadi hal yang wajar untuk dilakukan, terutama bagi karyawan yang berhubungan dengan masyarakat seperti guru, kasir toko dan supir bus,” kata Dr. Sten Vermund, Dekan Sekolah Kesehatan Masyarakat Yale di New Haven, Connecticut, dikutip dari laman CNBC Make It.

Ia mencatat bahwa profesional medis yang mengenakan masker N95 harus menghindari penambahan lapisan ekstra.

“Tidak ada salahnya menggunakan masker ganda kecuali seseorang mengalami kesulitan bernapas, tetapi ini jarang terjadi dalam penggunaan masker kecuali seseorang memiliki keterbatasan pernapasan sebelumnya seperti COPD yang parah,” ujarnya.

S. Patrick Kachur, Profesor di Columbia University Mailman School of Public Health di New York City, mengatakan bahwa beberapa kombinasi, seperti masker dan pelindung leher.

“Ini pasti lebih efektif jika kamu sudah memiliki masker yang memenuhi standar (untuk lapisan kain),” kata Kachur.

Baca juga: 4 Strategi Menyeimbangkan Pekerjaan Dan Keluarga Selama Pandemi COVID-19

Ia menambahkan bahwa ia juga telah melihat orang melapisi masker pelindung yang kokoh di bawah masker wajah bedah atau penutup kain lainnya yang lebih mudah dicuci atau diganti.

Jika kamu melapisi masker, pastikan keduanya dibersihkan secara teratur untuk menghindari kontaminasi. “Jika kamu melapisi dua masker, kamu harus pastikan memiliki cukup banyak masker untuk bergantian dan mencucinya secara teratur,” tambah Kachur.

Sebuah studi baru-baru ini di Virginia Tech di Blacksburg, Virginia, mengevaluasi kemanjuran 11 penutup wajah, termasuk satu masker bedah, satu pelindung wajah, dan sembilan bahan berbeda untuk masker kain wajah.

Para peneliti mengevaluasi beberapa faktor, termasuk seberapa efektif masker menyaring partikel, berapa banyak tetesan yang mereka cegah agar tidak menyebar dan berapa banyak tetesan yang mereka cegah agar tidak ditangkap oleh pemakainya.

Dengan mempertimbangkan temuan studi mereka dan hasil studi lainnya, para peneliti Virginia Tech merekomendasikan orang-orang untuk memakai masker tiga lapis yang terdiri dari dua lapisan luar kain tenun yang sangat fleksibel dan rapat, serta lapisan dalam yang terdiri dari bahan yang dirancang untuk menyaring. partikel keluar, “seperti filter” udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA).

Para peneliti juga menyarankan bahwa masker harus dipasang dengan pas dan tidak memiliki celah antara kain dan wajah. Jika semua kondisi terpenuhi, studi menemukan bahwa “efisiensi keseluruhan masker akan lebih besar dari 90%.

Tinggalkan Balasan