Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 11, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

FDA: Baru Satu Dosis Pertama Saja Vaksin Pfizer Sudah Sangat Efektif

Topcareer.id – Sebelum kandidat vaksin COVID-19 Pfizer dan BioNTech disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS untuk penggunaan darurat, FDA mengatakan bahwa vaksin tersebut bisa mempertahankan tingkat kemanjurannya yang tinggi bahkan dengan hanya satu dosis.

Studi klinis pada awal November lalu, para pejabat mengatakan bahwa vaksin itu akan tersedia dalam dua dosis.

Sekarang, dokumen baru FDA mengungkapkan bahwa vaksin tersebut memiliki tingkat kemanjuran 88,9 persen setelah hanya satu dosis.

Baca Juga: Inggris Jadi Negara Pertama di Dunia yang Setuju Menggunakan Vaksin Pfizer-BioNTech

Meskipun hanya satu dosis vaksin dapat melindungi terhadap infeksi COVID-19 yang serius, penulis laporan mencatat bahwa kemanjuran setelah dosis pertama.

Vaksin hanya menjadi lebih efektif setelah dosis kedua. Tujuh hari setelah menerima dosis kedua, tingkat kemanjuran vaksin melonjak menjadi 95 persen di antara orang-orang yang tidak memiliki infeksi COVID-19 sebelumnya, dan juga 94 persen pada kelompok yang berisi orang-orang yang sebelumnya tertular virus.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa persentase kemanjuran dengan konsistensi yang kuat di seluruh subkelompok demografis yang lebih beragam, memegang rekor setidaknya 93 persen tingkat kemanjuran.

Tanpa vaksinasi putaran kedua, semua individu yang diuji akhirnya tertular virus. Namun, individu yang diberi vaksin tidak menderita penyakit parah dan tidak dirawat di rumah sakit.

Beberapa dari efek samping yang paling umum tidak mengancam nyawa, termasuk demam, nyeri di tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala dan menggigil. Secara keseluruhan, kejadian tidak fatal, dan efek samping serius rendah.

AS telah memesan 100 juta dosis pertama vaksin Pfizer dan BioNTech, menghabiskan $ 1,95 miliar.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply