Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, January 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Cara Tingkatkan Percaya Diri untuk Cari Kerja di 2021 Setelah Jobless (Bagian 2)

Ilustrasi. Sumber foto: PixabayIlustrasi. Sumber foto: Pixabay

Topcareer.id – Menjadi pengangguran tidak pernah mudah, tetapi tidak memiliki pekerjaan di tengah pandemi global selama liburan bisa dua kali lebih menyedihkan. Kehilangan pekerjaan sangat berdampak pada kesehatan mental, juga menurunkan rasa percaya diri.

Associate Professor Dr. Songqi Liu dari Georgia State University mengatakan ada lima aspek pekerjaan yang seringkali tidak dimiliki oleh para penganggur. Dan itulah struktur waktu, tujuan kolektif, kontak sosial, status, dan aktivitas.

“Hilangnya fungsi-fungsi penting dari pekerjaan biasanya mengakibatkan kesusahan. Penelitian menunjukkan bahwa tekanan finansial yang meningkat yang dialami oleh para pengangguran dapat lebih jauh menyebabkan gangguan kesehatan mental,” kata Dr. Liu, mengutip The Ladders.

Pengangguran telah dikaitkan dengan depresi, kecemasan, harga diri rendah, ketidakpuasan dalam pernikahan, dan bahkan peningkatan risiko kematian.

Untuk membantu seseorang yang mengalami kurangnya motivasi atau kepercayaan diri, Dr. Liu merekomendasikan beberapa cara untuk meningkatkan efikasi diri pencarian kerja dan persuasi verbal.

Baca juga: Begini Model Kerja Google Setelah Vaksin Tersedia

4. Bersiaplah untuk panggilan yang kamu tunggu-tunggu

Meskipun kamu tidak dapat menentukan seberapa cepat kamu akan mendapatkan pekerjaan, menetapkan target tanggal kerja dapat membantu menyusun harimu. Kamu sebaiknya memprioritaskan pengaturan resume, menyisihkan waktu untuk membuat koneksi LinkedIn, dan bahkan mulai berpikir tentang perawatan hewan peliharaan.

5. Pelajari sesuatu yang baru

Manajer perekrutan cenderung bertanya bagaimana kamu menghabiskan waktu, jadi perekrut seperti spesialis akuisisi bakat Christina Stokes mendorong pelamar untuk mempelajari keterampilan baru.

“Bahkan saat kamu tidak bekerja, kamu harus fokus untuk terus belajar. Dengan begitu, saat kamu dalam wawancara, percakapanmu akan tetap relevan dan akan memposisikanmu sebagai orang yang berpengetahuan dan mampu. Pertahankan ketajaman keterampilanmu dengan mengikuti kelas atau mendapatkan sertifikasi,” kata Stokes.

6. Pertimbangkan kembali untuk mengubah karier

Berhati-hatilah dalam melakukan peralihan yang drastis. Stokes mengatakan, mengubah jalur karier bukanlah hal yang mudah dilakukan di saat-saat terbaik, dan bisa lebih sulit pada saat begitu banyak orang kehilangan pekerjaan, dan perusahaan tidak merekrut secara agresif.

7. Akui pencapaianmu

Penghargaan dan pengakuan diri sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri. Ahli strategi karier Melissa Llarena mengatakan bahwa ketika kliennya merasa diabaikan dan ditolak oleh perekrut, dia mendorong mereka untuk berhenti meremehkan diri mereka sendiri. Dia memberi tahu pencari kerja untuk mengingat kesuksesan yang mereka bawa ke perusahaan sebelumnya.

Banyak kandidat berpikir bahwa perubahan resume adalah sebuah jawaban, tetapi kepercayaan diri yang kokoh sebenarnya adalah fondasi untuk mencapai sesuatu yang berharga.**(Feb)

Leave a Reply