Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Beda dari Sebelumnya, Kali Ini Brazil Nyatakan Efektivitas Sinovac 50%

Vaksin. Sumber foto: wsj.com

Topcareer.id – Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech China hanya 50,4% efektif dalam uji coba di Brasil, hampir tidak memenuhi ambang batas untuk persetujuan peraturan dan jauh di bawah tingkat kemanjuran yang dilaporkan semula, menurut beberapa laporan media.

Brasil adalah negara pertama yang menyelesaikan uji coba tahap akhir vaksin CoronaVac. Institut Butantan yang dikelola negara itu dikritik oleh para ilmuwan dan pakar kesehatan karena kurangnya transparansi dalam mempublikasikan data uji coba.

Lembaga tersebut dilaporkan menunda perilisan hasil percobaan tiga kali dan pekan lalu mengumumkan sebagian data yang menunjukkan tingkat efektivitas yang kemudian direvisi jauh lebih rendah.

Butantan mengatakan pekan lalu bahwa CoronaVac 78% efektif di antara relawan dengan infeksi ringan hingga parah, lapor Wall Street Journal. Tetapi institut itu mengatakan pada Selasa (12/1/2021) bahwa tingkat kemanjuran keseluruhan turun menjadi 50,4% ketika memasukkan kasus-kasus “sangat ringan” yang tidak memerlukan bantuan medis, Journal melaporkan.

Baca juga: Efikasi Vaksin Sinovac 65,3 %, Apa Maksudnya?

Sebagai perbandingan, vaksin Covid dari Pfizer-BioNTech dan Moderna ditemukan sekitar 95% efektif dalam uji coba tahap akhir.

Butantan telah meminta agar CoronaVac diizinkan untuk penggunaan darurat, lapor Reuters. Regulator kesehatan Brazil Anvisa, yang telah menetapkan tingkat kemanjuran minimal 50% untuk vaksin dalam pandemi, mengatakan akan bertemu pada hari Minggu untuk memutuskan.

Uji di negara lain

Selain Brazil, negara berkembang lainnya termasuk Turki dan Indonesia juga sedang melakukan uji coba CoronaVac. Indonesia menyetujui vaksin untuk penggunaan darurat – negara pertama di luar China yang melakukannya setelah data sementara dari uji coba tahap akhir menunjukkan bahwa CoronaVac efektif 65,3%, lapor Reuters.

Sementara itu, para peneliti Turki mengatakan analisis sementara mereka menunjukkan vaksin itu efektif 91,25%, Reuters melaporkan bulan lalu.

Leave a Reply