Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini yang Terjadi Ketika Makan Beberapa Telur per Hari

Sumber foto: Halodoc

Topcareer.id – Selama beberapa waktu terakhir, orang disarankan untuk membatasi konsumsi telur atau setidaknya kuning telur. Yang menjadi kekhawatiran jika berlebihan telur adalah terkait kolesterol.

Mengutip Healthline, telur berukuran sedang mengandung 186 mg kolesterol, yang merupakan 62% dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI). Sebaliknya, putih telur sebagian besar protein dan rendah kolesterol.

Rekomendasi umum mencakup maksimal 2–6 kuning telur per minggu. Namun, dukungan ilmiah untuk batasan ini masih kurang. Beberapa penelitian telah meneliti efek telur pada kadar kolesterol.

Studi ini membagi orang menjadi dua kelompok. Satu kelompok makan 1-3 telur utuh per hari, sementara yang lain makan sesuatu yang lain, seperti pengganti telur. Studi ini menunjukkan bahwa:

  • Di hampir semua kasus, kolesterol HDL (kolesterol baik) naik.
  • Kadar kolesterol LDL total dan “buruk” biasanya tetap tidak berubah tetapi kadang-kadang sedikit meningkat.
  • Makan telur yang diperkaya omega-3 dapat menurunkan trigliserida darah, faktor risiko penting lainnya.
  • Tingkat antioksidan karotenoid darah seperti lutein dan zeaxanthin meningkat secara signifikan.

Baca juga: Pikirkan 3 Hal Ini Jika Beban Kerja Tak Sesuai Dengan Gaji

Tampaknya respons makan telur utuh bergantung pada individu. Pada 70% orang, telur tidak berpengaruh pada total atau kolesterol LDL jahat. Namun, pada 30% orang yang disebut hyper-responders, penanda ini naik sedikit.

“Meskipun makan beberapa telur per hari dapat meningkatkan kolesterol darah pada beberapa orang, mereka mengubah partikel LDL “jahat” dari kecil dan padat menjadi besar,” tulis Healthline.

Orang yang sebagian besar memiliki partikel LDL besar memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Jadi, meskipun telur menyebabkan peningkatan ringan pada total dan kadar kolesterol LDL, hal itu tidak perlu dikhawatirkan.

Ilmu pengetahuan menjelaskan bahwa 3 butir telur per hari sangat aman bagi orang sehat.**(Feb)

Leave a Reply