Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tidur Siang Tak Selamanya Buruk, Bisa Tingkatkan Ketangkasan Mental

Sumber foto: shutterstock.com

Topcareer.id – Beberapa orang memandang bahwa tidur siang sebagai tanda kemalasan, rendahnya energi, bahkan penyakit. Tidur siang sering dianggap buruk. Tetapi sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa tidur siang dapat membuat mentalmu lebih tajam jika berusia di atas 60 tahun.

Orang dewasa yang lebih tua yang tidur siang mendapat skor lebih tinggi pada tes kognitif dibandingkan mereka yang tidak tidur siang, menurut peneliti.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal General Psychiatry, mengamati kesehatan fisik dan kognitif di antara 2.214 orang di atas usia 60 yang tinggal di kota-kota besar di China. Dari jumlah tersebut, 1.534 tidur siang secara teratur sementara 680 tidak.

Studi observasi menemukan bahwa para nappers mendapat skor “secara signifikan lebih tinggi” pada Mini Mental State Exam (MMSE), tes skrining demensia standar yang mencakup penilaian keterampilan visuospasial, rentang perhatian, pemecahan masalah, memori kerja, kesadaran lokasi, dan kefasihan verbal.

Para nappers tampil sangat baik dalam tiga kategori terakhir, menurut penelitian yang dipimpin oleh Dr. Lin Sun dari Pusat Penyakit Alzheimer dan Gangguan Terkait di Pusat Kesehatan Mental Shanghai dan Universitas Shanghai Jiao Tong.

“Tidur banyak berkaitan dengan kemampuanmu untuk belajar,” kata Davina Ramkissoon, Direktur Kesejahteraan Zevo Health, mengutip Healthline.

“Tidur siang membantu otak pulih dari kelelahan atau kelebihan informasi. Saat tidur siang, otak membersihkan informasi yang tidak perlu dari area penyimpanan sementara otak, untuk mempersiapkannya agar informasi baru diserap.”

Kelompok studi – baik nappers maupun non-nappers – mendapatkan rata-rata 6,5 ​​jam tidur setiap malam. Tidur siang didefinisikan sebagai tidur paling sedikit 5 menit berturut-turut tetapi tidak lebih dari 2 jam, kapan saja setelah makan siang.

Orang yang tidur siang ditanyai seberapa sering mereka tidur siang selama seminggu. Balasan berkisar dari sekali seminggu hingga setiap hari. Salah satu kelemahan dari penelitian ini adalah peneliti tidak menanyakan peserta berapa lama mereka tidur siang atau pada waktu tertentu dalam sehari.

“Tidur siang yang ideal dan sehat sebaiknya dilakukan pada siang hari antara jam 1 siang dan jam 3 sore. dan berlangsung selama 10 hingga 30 menit,” kata Katherine Hall, pelatih tidur di Somnus, program terapi tidur terpandu, mengatakan kepada Healthline.

“Jika kamu bisa tidur siang, ada beberapa manfaat besar yang bisa didapat. Bukti menunjukkan bahwa tidur siang sangat bagus untuk meningkatkan suasana hati, energi, dan produktivitas sekaligus mengurangi kecemasan dan ketegangan fisik dan mental,” tambahnya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan