Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Jajanan Jadul yang Bikin Kamu Rindu Masa Sekolah

Topcareer.id – Salah satu kenangan terindah masa kecil dan ketika masih bersekolah adalah ragam pilihan jajanan murah meriah.

Hingga kini masih banyak cemilan jadul yang masih eksis dan bisa kamu dapatkan untuk mengobati rasa kangen terhadap jajanan jadul tersebut.

Tak jarang rasa rindu tersebut hadir karena di masa kecil kamu sering dilarang untuk jajan sembarangan. Tapi bukan hanya itu saja yang mendasari alasannya, kebanyakan karena memang jajanan jadul cita rasanya masih yang paling cocok dengan lidah kamu sampai sekarang.

Baca Juga: Apa Makanan yang Tepat Sebelum Interview Kerja?

Nah, masih ingat nggak kamu pernah jajan apa saja sewaktu kecil dulu? Berikut ini beberapa jajanan jadul yang bisa membuatmu ingin kembali ke masa kecil.

1) Anak mas
Bagi kamu yang tumbuh di era 90-an pasti kenal dengan cemilan yang satu ini. Rasanya yang gurih-gurih asin bikin ketagihan. Dulu harganya berkisar 150 hingga 300 rupiah. Sekarang sangat sulit mendapatkan jajanan jadul yang satu ini. Kalaupun ada harus beli online dan kemasannya sudah berbeda.

2) Krip-krip
Jajanan ini mirip anakmas, malah lebih murah, hanya 50 rupiah dulu. Dan kamu pasti tudak cukup membeli hanya satu, bisa sampai lima atau sepuluh. Krip-krip juga sekarang walaupun masih eksis tapi susah ditemukan dan hanya dijual online.

3) Mie lidi
Jajanan mie giting atau mie lidi sepertinya sangat laris manis di kalangan anak kecil zaman dulu bahkan sampai sekarang. Dulu rasanya hanya gurih pedas, sekarang sudah bermacam-macam rasanya seperti keju, barbeque, jagung bakar dan lain-lain.

4) Es puter pakai roti
Nah jajanan jadul yang dijajakan oleh penjual es tong-tong keliling ini dulu biasanya banyak yang belinya harus main kucing-kucingan sama orangtuanya karena dilarang sebab mereka khawatir kamu bisa batuk. Tapi semua perjuanganmu tidak sia-sia, hanya dengan uang 200 hingga 500 rupiah kamu sudah bisa menikmati es puter yang disajikan dalam roti tawar lipat. Yummy banget deh pokoknya. Untuk sekarang agak susah menemukan penjual es tong-tong ini. Dan sekarang sudah banyak ada di mall lho dengan nama kekinian Es Singapura.

5) Kue cubit
Popularitasnya dari dulu hingga sekarang tak pernah padam. Kue cubit ini populer banget di kalangan anak SD yang memang suka mengkonsumsi makanan manis. Kamu bisa membelinya setengah matang, ataupun dibentuk menjadi sarang laba-laba. Sekarang kue cubit sudah menjadi makanan wajib di kafe-kafe. Harganya pun beragam tergantung toppingnya.

6) Telur gulung
Ini juga salah satu jajanan jadul yang kembali ngehits sekarang dan selalu ada di setiap bazar makanan serta di depan sekolahan. Terbuat dari campuran telur dan air kemudian dimasak dalam api panas dengan minyak dalam jumlah banyak. Lalu digulung menggunakan tusuk sate, ada juga yang menggunakan soun agar ukurannya lebih besar. Biasanya disajikan bersama dengan saus pedas.

7) Gulali
Gulali jadul umumnya berwarna merah atau hijau, proses pembuatannya menggunakan gula dipanaskan sang penjual lalu dibuat menjadi aneka bentuk seperti hewan ataupun bunga kemudian ditusuk menggunakan stik kayu. Sekarang sudah agak sulit mendapatkannya. Gulali jadul yang sekarang masih relatif lebih mudah didapatkan adalah jenis gulali rambut nenek dan cotton candy.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan