Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Desember 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Strategi Membuat Podcast Kamu Menarik

Podcast.

Topcareer.id – Pada tahun 2005, Apple mengintegrasikan podcast ke iTunes, dan Steve Jobs menyebut saluran itu seperti “TiVo for radio”.

Jobs percaya podcast akan merevolusi cara orang mendengarkan program radio, dan akan mengubah cara orang menonton televisi.

Dengan faktor pendukung seperti aksesibilitas, popularitas perangkat yang terhubung dengan internet, dan jaringan seluler yang lebih cepat, ramalan Jobs terjadi.

Kini podcast telah ramai dan menjadi sesuatu yang baru bagi orang-orang yang ingin mendengarkan informasi dengan sederhana namun padat dan seperti menonton televisi namun lebih simple.

Baca Juga: Promo Wisata dengan Podcast Story Telling Akan jadi Tren Baru

Sudah banyak podcast yang bisa dimonetisasi dan menghasilkan banyak uang dari iklan dan endorse. Lalu bagaimana cara menciptakan strategi podcast yang sukses?

Berikut ini langkah yang bisa kamu coba untuk membantu kamu menuju kesuksesan podcast. Menerapkan strategi ini tidak akan menjamin perjalanan podcasting yang sukses, tetapi strategi ini akan memberi kamu kejelasan yang dibutuhkan untuk memastikan podcast kamu dimulai dengan arah yang benar.

Lima strategi untuk kesuksesan podcast

Jadilah pendengar
Dengarkan podcast untuk memahami nuansanya. Pikirkan tentang tiga podcast favorit kamu. Apa yang kamu sukai dari mereka? Apakah kualitas audio dan produksi? Atau apakah kamu lebih suka sesuatu yang mentah? Apakah ada bahasa eksplisit atau kamu bisa bebas mendengarkannya di sekitar anak-anakmu? Pikirkan elemen yang kamu suka tentang podcast favoritmu dan buat daftar apa yang ingin kamu buat.

Baca Juga: Daftar 10 Pekerjaan yang Tidak Ada pada 20 Tahun Lalu (Bagian 2)

Bersikaplah konsisten
Pengalaman pengguna itu penting. Audiens kamu perlu tahu apa yang diharapkan dan kapan mengharapkannya, jadi berikan pengalaman yang konsisten kepada pendengarmu. Tetapkan format kamu dengan menangani elemen-elemen ini: Apa yang akan kamu bahas, bagaimana kamu menghabiskan waktu 15 menit pertama, format tiap episode harus sama, dan penjadwalan. Untuk penjadwalan, buat simpanan episode sebelum peluncuran sehingga kamu tidak kesulitan menyusun sesuatu pada saat-saat terakhir.

Bersosialisasi
Audiens kamu pasti ingin berinteraksi dengan kamu. Berinteraksi dan juga mau mendengarkan audiens kamu merupakan tanda yang menunjukkan kepada pendengar bahwa kamu peduli, menunjukkan bahwa kamu menindaklanjuti apa yang kamu katakan dan apa yang akan kkamu lakukan. Jangan lupa manfaatkan media sosial untuk promosi dan keterlibatan. Sebutkan akun media sosial kamu secara konsisten selama episode.

Perjelas siapa pendengar kamu
Luangkan waktu untuk memikirkan kepribadian pendengar kamu. Bersikaplah spesifik tentang pendengar yang kamu inginkan, apakah pria, wanita, atau keduanya. Beri mereka alasan untuk terus kembali mendengarkan podcast kamu.

Bersikaplah otentik
Bersikaplah sungguh-sungguh untuk menjadi asli. Kemungkinan besar, kamu menyukai podcast favorit kamu karena tuan rumahnya otentik. Jangan menirunya. Persona akan membuatmu lelah dan tidak dapat dipertahankan untuk jangka panjang. Jadilah dirimu sendiri. Kamu akan mendapatkan audiens selama kamu tetap autentik.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan