Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

GeNose Bakal Dipakai di Bandara Dan Pelabuhan

Menhub Budi Karya Sumadi. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Setelah berhasil menerapkan alat pendeteksi Covid-19 karya anak bangsa “GeNose” di beberapa stasiun kereta api, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan tengah mempersiapkan GeNose di sejumlah bandara dan pelabuhan yang ada di Indonesia.

“Di kereta api, animo masyarakat untuk menggunakan GeNose sangat bagus dan saat ini para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara juga menginginkan penggunaan GeNose. Untuk itu, kami melaporkan kepada Pak Menko tentang rencana itu,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi, pada Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, penerapan pendeteksi covid melalu hembusan nafas di simpul-simpul transportasi ini diperlukan, agar masyarakat mendapatkan akses terhadap screening Covid-19 yang lebih terjangkau.

Untuk langkah awal, GeNose ini akan diterapkan di pelabuhan tanjung priok pada akhir minggu ini secara acak. Sementara, untuk di sektor udara akan mulai diterapkan pada 1 April 2021 mendatang karena ada beberapa hal yang harus dibahas lebih lanjut secara teknis operasionalnya.

Menhub pun meminta Dirjen Perhubungan Udara dan Laut untuk mempersiapkan mekanisme dan SOP yang menyesuaikan dengan regulasi yang ada di kedua sektor tersebut.

“Semoga ke depannya dapat diproduksi secara massal dan dapat terus dikembangkan sehingga tingkat akurasinya akan semakin meningkat. Kita akan terus memperbanyak penggunaan GeNose untuk kepentingan pelayanan publik. Tidak hanya untuk perjalanan, tetapi juga bisa digunakan di tempat yang lain yang sangat membutuhkan,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan