Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Peneliti Harvard: Kombinasi Makanan Ini Bisa Bikin Panjang Umur

Topcareer.id – Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Circulation memperpanjang data tentang efek kesehatan yang terkait dengan kebiasaan mengonsumsi buah dan sayuran.

Dalam makalah, yang ditulis bersama tim di American Heath Association dan peneliti di Harvard T. H. Chan School of Public Health, ditentukan bahwa makan dua porsi buah dan tiga porsi sayuran sehari secara dramatis mengurangi risiko kematian dini.

Mengutip Ladders, sayuran berdaun hijau, seperti collard, bayam, kangkung, dan selada, di samping sayuran dengan kandungan beta karoten yang tinggi, serta buah jeruk dan beri, seperti grapefruits, clementine, dan pomelo, memberikan hasil yang paling menguntungkan.

Sebaliknya, sayuran bertepung, seperti kacang polong, jagung dan kentang, dan jus buah tidak berkorelasi dengan efek kesehatan yang positif.

Alasan utamanya terkait dengan insiden penyakit. Menghindari lemak jenuh, dan makanan olahan buah dan sayuran organik menurunkan satu risiko terkena kanker dan penyakit jantung.

Sayuran hijau padat dengan vitamin B folat, ditambah lutein dan zeaxanthin yang telah dipelajari untuk berkontribusi pada efek antioksidan dan anti-inflamasi dalam tubuh.

Hasilnya diperoleh dari 66.719 wanita yang terlibat dalam Studi Kesehatan Perawat yang dilakukan antara tahun 1984 dan 2014 dan 4.2016 pria yang terlibat dalam Studi Tindak Lanjut Profesional Kesehatan yang dilakukan antara tahun 1986 dan 2014. Tidak ada peserta yang menderita penyakit kardiovaskular (CVD), kanker, atau diabetes di awal analisis.

Baca juga: Amankah Penderita Diabetes Makan Kurma?

“Kami mendokumentasikan 33898 kematian selama tindak lanjut. Setelah penyesuaian untuk variabel perancu yang dicurigai dan faktor risiko, kami mengamati asosiasi invers nonlinier asupan buah dan sayuran dengan kematian total dan kematian spesifik penyebab yang disebabkan kanker, CVD, dan penyakit pernapasan,” kata para penulis.

Asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi dikaitkan dengan mortalitas yang lebih rendah; pengurangan risiko stabil pada ≈5 porsi buah dan sayur per hari. “Temuan ini mendukung pola makan saat ini anjuran untuk menambah asupan buah dan sayur, tapi bukan buah jus dan kentang.”

Secara konsisten, mereka yang secara rutin mengonsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayuran yang termasuk dalam sumber-sumber yang disebutkan di atas, hidup paling lama dari semua kelompok yang ditinjau. Makan lebih dari nilai ini tidak menghasilkan efek tambahan apapun.**(Feb)

Tinggalkan Balasan