Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, April 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Aplikasi MyHeritage Bikin Foto jadi Hidup, Begini Caranya

Topcareer.id – Aplikasi MyHeritage telah memperkenalkan fitur baru bernama ‘Deep Nostalgia’ yang dapat menghidupkan foto keluarga lama.

Layanan ini gratis untuk digunakan dan dengan cepat diluncurkan di Twitter, di mana orang-orang menerapkan fitur tersebut pada ratusan foto yang berbeda, serta beberapa lukisan dan gambar.

Beberapa orang mencap layanan ini menyeramkan, sementara yang lain senang melihat anggota keluarga atau tokoh masyarakat yang telah meninggal, hidup kembali melalui animasi.

Bagaimana cara kerjanya?
Diluncurkan pada akhir Februari 2021, Deep Nostalgia menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dikenal sebagai “deep learning” untuk menganimasikan wajah orang dalam foto.

Hasilnya dikenal sebagai “deepfakes,” sebuah teknologi yang telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Teknologi tersebut mampu memetakan wajah satu orang ke rekaman orang lain, dan terkadang dapat dilakukan dengan sangat halus sehingga hasilnya terlihat sangat realistis.

Deep Nostalgia menghidupkan wajah orang melalui animasi, memberi mereka ekspresi yang berubah dan membuat mereka tampak melihat sekeliling dan berkedip.

Namun, terkadang, hasilnya bisa tidak merata jika teknologi ini harus berjuang untuk mengisi “celah” dari gambar asli yang digunakan.

Baca juga: Penelitian: Musik Coldplay Paling Aman Didengarkan saat Mengemudi

Bagaimana cara menggunakannya?
Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus mendownload aplikasinya, berikut ini langkahnya.

Langkah 1 : Unduh aplikasi MyHeritage di smartphone kamu (Android atau iOS)
Langkah 2 : Mendaftar dengan memasukkan detail seperti nama, ID email, kata sandi, dll
Langkah 3 : Unggah gambar yang ingin kamu animasikan
Langkah 4 : Tap gambar lalu tap ikon animasi di bagian atas

Jika sudah selesai, foto yang kamu pilih akan terlihat bergerak seolah hidup. Selanjutnya kamu bisa menyimpannya dalam perangkat atau dibagikan kepada orang lain melalui media sosial.

Apa implikasi lebih luas dari teknologi ini?
Fitur yang tengah viral ini sebenarnya hanya dimaksudkan sebagai alat yang menyenangkan bagi orang-orang untuk menghidupkan foto keluarga lama, namun banyak ahli menjadi prihatin tentang peningkatan kecanggihan teknologi deepfake yang dengan cepat menjadi lebih realistis.

Deepfake dapat digunakan untuk menyebarkan informasi yang salah dengan membuat politisi atau persona publik lainnya terlihat mengatakan atau melakukan hal-hal negatif yang sebenarnya tidak mereka lakukan.

Selain itu, teknologi deepfake ini terkadang digunakan dengan penyalahgunaan seperti mengambil gambar orang lain dan mengubahnya menjadi gambar atau video porno.

“Beberapa orang menyukai fitur Deep Nostalgia dan menganggapnya ajaib, sementara yang lain menganggapnya menyeramkan dan tidak menyukainya,” kata MyHeritage tentang teknologinya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan