Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

4 Alasan Kamu Perlu Sisihkan Waktu untuk Tidur Siang

Foto Ilustrasi Mengantuk

Topcareer.id – Meluangkan waktu sebentar untuk meremajakan dan memulihkan diri di tengah tanggung jawab sehari-hari memang sulit, tetapi tidur siang memiliki manfaat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan produktivitasmu secara keseluruhan.

Tidur siang sesekali bisa menyehatkan, tetapi tidur siang lebih dari 45 menit dapat mengganggu ritme sirkadianmu, membuat tidur malam lebih sulit. Berikut adalah lima alasan mengapa kamu perlu sisakan waktu sebentar untuk tidur siang, melansir laman CNN.

1. Tidur siang dapat mengisi baterai otakmu

Sebuah studi di NASA pada pilot militer dan astronot yang mengantuk menemukan bahwa tidur siang 40 menit meningkatkan kinerja sebesar 34% dan kewaspadaan sebesar 100%, menurut Sleep Foundation, sebuah situs penelitian dan sumber daya tidur.

Tidur siang dapat membuatmu lebih waspada untuk periode setelah kamu bangun dan mungkin berjam-jam dalam sehari. Tidur sebentar juga dapat membuatmu merasa lebih rileks.

2. Akan memiliki risiko lebih rendah untuk masalah jantung

Tidur siang sekali atau dua kali seminggu dapat menurunkan risiko serangan jantung atau stroke, menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Heart.

Baca juga: Ketahui Manfaat Dan Efek Samping Menggoreng Tanpa Minyak Dengan Teknologi Air Fryer

Setelah melacak lebih dari 3.400 orang berusia antara 35 dan 75 tahun selama lebih dari lima tahun, para peneliti menemukan bahwa mereka yang sesekali tidur siang, sekali atau dua kali seminggu, selama lima menit hingga satu jam, 48% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung, stroke atau gagal jantung dibandingkan mereka yang tidak tidur siang sama sekali.

3. Mungkin membantumu menjadi lebih bugar

Sebuah studi tahun 2020 yang berfokus pada wanita menemukan semakin banyak wanita yang kurang tidur, semakin besar kemungkinan mereka mengonsumsi tambahan gula, makanan berlemak, dan kafein.

Kurangnya kualitas tidur bisa menyebabkan makan berlebihan karena kurang tidur dipercaya merangsang rasa lapar dan menekan sinyal hormon yang mengkomunikasikan rasa kenyang. Temuan itu penting karena wanita berisiko tinggi mengalami obesitas dan gangguan tidur, kata para peneliti, yang keduanya bisa didorong oleh asupan makanan yang tinggi.

Tidur siang terbukti meningkatkan kualitas tidur malam secara keseluruhan.

4. Tingkatkan kreativitas

Sisi kanan otak mungkin mengalami percikan mental saat tidur siang, menurut penelitian. Sisi kanan adalah belahan paling terkait dengan tugas-tugas kreatif, seperti visualisasi dan berpikir, sedangkan sisi kiri lebih analitik.

Para peneliti yang memantau aktivitas otak dari 15 orang menemukan bahwa sisi kanan otak mereka sibuk berkomunikasi dengan dirinya sendiri dan juga dengan rekan kirinya. Sebaliknya, sisi otak kiri tetap relatif tenang.

Dalam sebuah studi pada Januari 2020 terhadap 2.214 orang dewasa Tionghoa berusia 60 ke atas, peserta yang tidur siang selama lima menit hingga dua jam menunjukkan ketangkasan mental yang lebih baik daripada mereka yang tidak tidur siang.**(Feb)

Tinggalkan Balasan