Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tips Karier yang Wajib Kamu Dengar

Topcareer.id – Mengejar karier tak hanya membutuhkan skills saja, tapi juga kemampuan untuk memanfaatkan kesempatan yang datang, serta ketekunan dalam meraihnya.

Dua hal tersebut memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Itu mengapa banyak orang kemudian mencari tips-tips yang bisa diterapkan, untuk membantu mereka mengejar kariernya.

Nah, seperti dikutip dari livecareer, di antara banyaknya tips karier yang tersebar di luar sana, berikut 5 tips karier yang paling harus kamu dengar:

Fokus pada profesionalisme sebelum mengejar kebahagiaan
Memang aneh jika ada yang meminta kamu untuk menunda dulu mengejar kebahagiaan dalam berkarier. Namun pada kenyataannya, perusahaan tak akan peduli apakah kamu bahagia atau tidak dalam kariermu, mereka hanya ingin melihat hasil dari apa yang kamu kerjakan.

Jadi, daripada buru-buru mengejar kebahagiaan, lebih baik kamu tunjukkan profesionalisme dan produktivitasmu terlebih dahulu. Dari situ, kamu pun memiliki kesempatan untuk berkembang jauh.

Jangan terlalu loyal pada perusahaanmu
Tips ini mungkin bukan favorit perusahaan. Tapi dalam beberapa kasus, hampir tidak adil bagaimana perusahaan memandang karyawannya. Perusahaan cenderung melihat karyawannya sebagai sosok-sosok yang bisa diganti kapan saja, kecuali mereka memiliki nilai lebih yang berguna di mata mereka.

Lalu, kepada siapa kamu harus setia dalam pengejaran karier? Kamu harus setia pada diri sendiri. Jadi, jika kamu merasa sudah waktunya untuk pindah, lakukanlah.

Tentu saja, kamu harus menunjukkan rasa hormat kepada atasan, tetapi kamu tidak perlu berusaha keras untuk menunjukkan kesetiaan kepada perusahaan yang dapat mengganti kamu kapan saja.

Baca juga: Cara Jadi Audiolog dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Perlakukan pencarian kerjamu seperti layaknya karier
Manajer perekrutan bisa mencium keputusasaan dari jarak satu mil, dan mereka tidak menyukainya. Jika kamu sedang mencari pekerjaan, maka bersikaplah seolah-olah pencarian pekerjaan kamu adalah bagian dari pekerjaanmu.

Buat jadwal, daftar tugas dan jalankan. Saat kamu masuk ke sebuah wawancara dengan aura seperti seseorang yang sedang memiliki tugas untuk diselesaikan, maka kamu akan mampu mengubah sikap pewawancaramu.

Ingat! Kamu tidak bisa memalsukan kepercayaan diri. Jadi bangunlah mulai sekarang. Berdirilah dengan tegak dan berikan jabat tangan yang kuat sebelum membicarakan langkah karier kamu selanjutnya.

Belajar cara membaca pikiran orang
Bisakah kamu mempercayai rekan kerjamu, atau seseorang untuk membicarakan rahasia kariermu? Bisakah kamu mempercayai manajermu untuk membantumu meraih kesuksesan?

Jawaban ini bisa kamu miliki jika kamu mulai mempelajari cara untuk membaca orang. Telitilah orang-orang di sekitarmu, sebelum memutuskan untuk mempercayainya. Semakin lama, keahlianmu ini akan semakin membantumu.

Jangan takut dipecat
Jangan pernah melakukan suatu pekerjaan hanya karena takut dipecat. Mulailah untuk bekerja demi mengembangkan kemampuanmu dan meraih karier yang kamu inginkan. Percayalah, ketika skill kamu semakin baik, dipecat berarti memberimu kesempatan untuk naik lebih tinggi lagi.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan