Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Menit Langsung Tidur, Begini Caranya (Bagian 2)

Posisi tidur the shooting star. (dok. Yahoo)

Topcareer.id – Kesibukan sehari-hari, lengkap beserta masalah yang mengiringinya terkadang membuat kita sulit tidur di malam hari. Alasannya banyak, mulai dari khawatir akan suatu hal, terlalu lelah, dan lain sebagainya.

Nah, seperti dikutip dari amerisleep.com, sebenarnya ada cara bagi kita untuk bisa tertidur lelap dengan cepat, bahkan kurang dari 5 menit.

Yuk dibaca seksama, untuk diperagakan nanti.

Bagian kedua dari tulisan.

Memanfaatkan teknologi
Meskipun lampu, gadget dan perangkat elektronik dapat menjadi pencuri tidurmu, kemajuan modern juga sebenarnya memiliki manfaat untuk membantumu tidur.

Salah satunya adalah bahan kasur berteknologi tinggi yang dapat meningkatkan kenyamanan, dan membantumu tertidur lebih cepat.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan lagu-lagu pengantar tidur, atau situs streaming musik yang menawarkan instrumental lembut, bunyi hujan dan petir, perapian, hingga suara burung hantu yang pelan-pelan akan merubah suasana kamar dan membuatmu mengantuk.

Baca juga: 4 Alasan Kamu Perlu Sisihkan Waktu untuk Tidur Siang

Menipu otak kita
Ketika kamu bekerja keras untuk tidur, terkadang otak kamu justru malah berusaha untuk sebaliknya, yakni membuatmu tidak mengantuk.

Oleh karena itu, kita bisa mencoba prinsip niat paradoks (mirip dengan psikologi terbalik, tanpa penipuan) untuk mengatasi masalah tidur kita.

Sebuah penelitian di Skotlandia menemukan bahwa penggunaan klinis dari niat paradoks (yaitu, dengan sengaja tidak mencoba untuk tertidur saat berbaring di tempat tidur), mengakibatkan berkurangnya upaya tidur dan kecemasan bagi penderita insomnia, dibandingkan dengan tidak melakukan apa-apa.

Studi ini juga menemukan bahwa niat yang tinggi untuk tertidur, justru mengakibatkan kualitas tidur yang lebih buruk. Jadi daripada berpikir untuk mencoba tidur, katakan pada diri sendiri bahwa kamu sedang mencoba untuk tetap terjaga selama beberapa menit. Percayalah, lama-lama kamu akan mengantuk sendiri.

Melamun dengan tujuan
Bagi banyak orang yang kesulitan tidur, terkadang kekhawatiran atau pikiran yang tidak diinginkan adalah dalang terbesar.

Alih-alih tertidur dengan damai, pikiranmu justru bekerja keras mengingat masalah, momen memalukan dari tahun-tahun yang lalu, atau daftar tugas esok hari.

Nah, salah satu cara untuk memutus siklus ini adalah dengan melatih visualisasi atau perumpamaan, mirip dengan melamun. Kamu bisa mencoba cara berikut ini:

  1. Visualisasikan pemandangan yang menenangkan, dari tempat favorit kamu. Lalu, bayangkan kamu sedang melakukan kegiatan yang berulang-ulang, seperti memotong kayu, melukis, dan sebagainya.
  2. Awal-awal, semua ketenangan ini akan diserang oleh kekhawatiran kamu Namun, dengan sedikit latihan, kamu bisa dengan mudahnya mengembalikan semuanya ke visualisai yang kamu buat tadi. Dan ini akan mampu membuat kamu lebih rileks, hingga akhirnya merasa lebih ringan dan mengantuk.

Makan karbohidrat di malam hari
Tips yang ini memang sedikit kontroversial, tapi sebuah studi menembukan bahwa makan karbohidrat empat jam sebelum tidur membantu orang tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

Penelitian tersebut mengamati karbohidrat sederhana, yang dapat dicerna dengan cepat dan mudah. Ini termasuk hal-hal seperti nasi putih, roti putih, pasta, dan kentang (serta makanan manis).

Yang cukup menarik, sebuah penelitian di Jepang menemukan manfaat tersebut dari nasi dan bukan dari roti atau mie. Kuncinya di sini adalah buat porsinya sesedang mungkin, agar kamu tidak malah terganggu dengan gangguan pencernaan. Hindari juga makanan pedas, karena ini akan membuat kamu kesulitan tidur.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan