Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Menit Langsung Tidur, Begini Caranya (Bagian 1)

Topcareer.id – Kesibukan sehari-hari, lengkap beserta masalah yang mengiringinya terkadang membuat kita sulit tidur di malam hari. Alasannya banyak, mulai dari khawatir akan suatu hal, terlalu lelah, dan lain sebagainya.

Nah, seperti dikutip dari amerisleep.com, sebenarnya ada cara bagi kita untuk bisa tertidur lelap dengan cepat, bahkan kurang dari 5 menit.

Yuk dibaca seksama, untuk diperagakan nanti.

Bagian pertama dari tulisan.

Metode 4-7-8
Tempatkan ujung lidah kamu ke punggung di belakang gigi atas, lalu lakukan aktivitas menghirup dan menghembuskan napas.

Buang napas sepenuhnya melalui mulutmu, dan buat suara “mendesing.”

Sekarang, tutup mulutmu dan tarik napas melalui hidung sampai hitungan keempat, tahan napasmu selama tujuh hitungan, lalu buang napas perlahan dari mulutmu ke hitungan delapan, sambil buat suara mendesing (kerutkan bibirmu jika terasa canggung).

Baca juga: 4 Alasan Kamu Perlu Sisihkan Waktu untuk Tidur Siang

Pakai kasur yang nyaman untukmu
Ketahuilah bahwa semua orang memiliki standar yang berbeda, terhadap kenyamanan kasur. Ada yang suka kasur yang kencang, dan ada juga yang lembut. Jadi pilihlah kasur yang paling nyaman untukmu.

Tiru pola tidur manusia gua
Dulu, sebelum ada smartphone dan elektronik, malam terbiasa menjadi sesuatu yang gelap dan dingin. Mengejutkannya, menurut peneliti sirkadian dan tidur, Dr. Jade Wu, Ph.D. dari Duke University, suhu dingin dan kegelapan sangatlah ideal untuk tidur.

Pencahayaan buatan, dan cahaya dari elektronik dapat mengganggu jam biologis kita, dan pada akhirnya merusak kualitas tidur kita.

“Menjaga kamar tidurmu bebas dari cahaya dan kebisingan buatan, tidak hanya akan memastikan lingkungan tidur yang gelap dan nyaman, tetapi juga mengajari otak bahwa kamar tidurmu hanya untuk tidur, bukan untuk media sosial, acara dunia, dan hal-hal lain yang membuat pikiran kita pergi kemana-mana. Ini melatih otakmu untuk secara otomatis rileks saat kamu tidur,” ucap Jade.

Jadi, coba pastikan tidak ada televisi, laptop, tablet, atau smartphone yang menyala saat tidur. Gunakan penutup mata jika kamarmu tidak bisa mencapai kegelapan total, atau jika waktu bangunmu sudah melewati matahari terbit.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba meredupkan lampu setidaknya 30 menit sebelum tidur, untuk memberi tahu tubuh bahwa ini sudah hampir waktunya tidur.

Dinginkan ruangan
Pernahkah kamu memperhatikan bagaimana kantor yang dingin selalu berhasil membuat kamu mengantuk di siang hari?

Para peneliti menemukan bahwa suhu yang lebih dingin memang membantu kita tidur lebih nyenyak, dan tentunya lebih cepat. Ditambah lagi, tidak ada nuansa paling manis ketimbang terbungkus selimut hangat di ruangan yang dingin.

Mendengarnya saja sudah bikin mengantuk, bukan?**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan