Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, April 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Tips Berkarier di Industri Film, Kreatif Itu Wajib

Syuting Mission: Impossible. (dok. Variety)

Topcareer.id – Salah satu bagian tersulit dalam memulai berkarier di industri film adalah mendapatkan pekerjaan pertama.

Berhasil di industri film tidak bergantung pada sekolah atau gelar, melainkan pada kepiawaianmu sendiri. Kamu harus menjadi orang yang cerdas, kreatif, dan orisinil untuk memiliki sesuatu yang diperlukan industri film.

Yang lebih penting lagi, kamu harus menjadi orang sosial yang mampu memasarkan diri dengan baik dan dapat membuat banyak koneksi untuk membantumu menuju puncak.

Pahamilah bahwa mengejar karier di industri film itu sulit, karena mereka hanya mengambil sedikit orang baru, dan sangat kompetitif. Karena persaingan inilah para eksekutif hanya mempekerjakan orang yang mereka kenal.

Baca Juga: Sejarah 30 Maret Menjadi Hari Film Nasional

Jadi, jaringan atau koneksi adalah kunci utama dan lebih penting dari apapun untuk memulai karier dalam industri film. Jika kamu tidak memiliki jaringan luas, mulailah dari koneksi yang kecil dan kemudian bergerak naik.

Berikut ini beberapa tips untuk kamu yang ingin berkarier dalam industri film:

Membuat film independen
Proses kamu untuk terlibat dalam satu produksi film apapun jenisnya, itu bisa jadi jalan untuk terjun ke industri film, loh. Apalagi kalau kamu bisa memproduksi film independen kamu. Ini bisa menjadi modal awal untuk dikenal para sineas dan pekerja film. Selain itu, dengan memproduksi film independen, kamu tidak akan buta arah ketika terjun ke dunia perfilman.

Membuat YouTube Channel
YouTube bisa jadi tempat untuk mempromosikan diri dengan karya-karya yang sudah kamu buat. Orang akan bisa memahami karakter kamu dalam berkarya. Asalkan karya kamu menarik, kreatif, serta otentik, tak hanya perhatian yang kamu dapat, kamu juga bisa meraup keuntungan dari youtube channel.

Baca Juga: Tom Cruise Bakal Shooting Film di Luar Angkasa Bersama NASA

Bangun tim kamu sendiri
Film adalah proses yang sangat kolaboratif jadi kumpulkan sekelompok teman yang berpikiran sama sehingga bisa membuat lebih banyak film independen lebih cepat.

Dalami ilmu perfilman
Jika kamu tahu bagian mana dari pembuatan film yang ingin kamu kejar, lakukanlah. Baca setiap buku, tonton setiap tutorial YouTube, ikuti kelas film, dan yang lebih penting, mulailah melakukannya pada film kamu sendiri dan proyek orang lain.

Buat kontak dan buat kesan
Sama pentingnya dengan membangun jaringan, reputasi kamu adalah segalanya di industri film. Bangun reputasi yang baik untuk dirimu agar kamu layak menjadi orang yang mereka rekomendasikan untuk masuk dalam proyek pekerjaan film berikutnya.

Mengunjungi acara film
Acara industri film bisa mempertemukan kamu dengan filmmaker lain dan juga investor untuk saling berbagi soal apapun tentang perfilman. Selain bisa menambah pengalaman, kamu juga bisa membangun koneksi dengan para pelaku industri perfilman di Indonesia. Acara film yang paling banyak diminati adalah festival film. Di sana kamu bisa sharing dan melakukan diskusi soal film.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan