Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

10 Negara dengan Kesetaraan Gender Terbaik, Indonesia Peringkat Berapa?

Sumber foto: Merdeka.com

Topcareer.id – World Economic Forum (WEF) merilis Global Gender Gap Report 2021, di mana juga berisi peringkat negara dengan kesetaraan gender yang baik. Dan kesenjangan gender secara keseluruhan paling kecil di negara-negara Nordik.

“Islandia adalah negara dengan kesetaraan gender di dunia untuk ke-12 kalinya,” tulis laporan yang rilis pada Selasa (30/3/2021).

Sepuluh besar negara dengan kesetaraan gender menurut WEF, yakni:

  1. Islandia
  2. Finlandia
  3. Norwegia
  4. Selandia Baru
  5. Swedia
  6. Namibia
  7. Rwanda
  8. Lithuania
  9. Irlandia
  10. Swiss

Tahun ini, laporan tersebut memperluas pengukuran kesenjangan gender global, menambahkan tiga negara lagi (Afghanistan, Guyana, dan Niger) yang masuk dalam peringkat.

Baca juga: Pengen Jadi Produser Film? Ikuti Tahapan Ini

Untuk bisa dimasukkan, suatu negara harus memiliki data terbaru tersedia untuk minimal 12 indikator dari 14 yang menyusun indeks. Afghanistan, Guyana dan Niger telah memenuhi standar ini untuk pertama kalinya.

Dengan ketiga tambahan baru ini, peringkatnya mencakup 156 negara; 107 secara konsisten telah dimasukkan dalam indeks setiap tahun sejak edisi pertama tahun 2006.

Kalau Indonesia ada di peringkat berapa soal kesetaraan gender menurut Laporan WEF 2021 ini? The Dalam Global Gender Gap Index 2021, Indonesia menempati peringkat 101, merosot 16 peringkat dari tahun 2020.

WEF mengukur paritas dalam empat cara: partisipasi dan peluang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan politik.**(Feb)

Tinggalkan Balasan