Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, April 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Pentingnya Jadi Pribadi Asertif bagi Perempuan

Topcareer.id – Perempuan sering menemui berbagai tantangan yang berasal dari diri sendiri maupun lingkungan dalam hal membangun karier dan meraih mimpi. Mulai dari rasa kurang percaya diri, kurangnya dukungan, keterbatasan kemampuan, dan lain sebagainya.

Masih dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada 8 Maret lalu, Bukalapak menghadirkan sosok perempuan yang berpengalaman dalam acara Ngobrol Virtual #PerempuanBisa: Bagaimana Jadi Pribadi yang Asertif dan Menghadapi Tantangan dalam Membangun Karier pada Rabu (31/3/2021).

Mengapa asertif itu penting?
Menjadi pribadi yang asertif sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia kerja untuk mengembangkan karier profesional

Menurut Kurnia Rosyada, VP Merchant Ops Bukalapak, asertif akan membantu kita memikiki koneksi lebih luas, kita jug bisa lebih mengapresiasi opini tanpa membuat pihak lain merasa tidak dihormati.

Baca juga: 10 Manfaat Mandi Air Panas Yang Perlu Kamu Tahu

Critical thing being asertif adalah kita harus respek pada orang lain dan mengontrol diri serta mau mendengarkan orang lain,” kata Kurnia.

Asertif bukan tentang memikirkan apa yang akan kita menangkan tetapi juga tentang bagaimana mencapai win win solution. Ini merupakan cara terbaik untuk komunikasi yang kita jalankan.

Hal serupa juga disampaikan Sessa Xuanthi, Event Producer Bukalapak.

“Being asertif tidak harus jadi agresif, kita harus berani mengekspresikan apa yang kita mau, poin pentingnya bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan baik sambil kita bisa mengekspresikan diri juga dan tetap menghargai pendapat orang lain,” ujarnya.

Sifat asertif penting untuk perempuan, karena dengan asertif kamu tidak harus mengalah dengan orang lain, dengan asertif kita akan bisa mendapat rasa hormat yang sama tanpa harus menjadi egois atau terlalu mendominasi.

Kurnia menambahkan, dengan menjadi pribadi yang asertif, perempuan akan lebih bisa mengekspresikan diri dengan efektif. Dan jika dilakukan dengan benar, itu akan sangat membantu dalam menggapai impian dan mengembangkan diri.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan