Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

4 Bandara Ini Sediakan Layanan GeNose C-19, Segini Harganya

Alat tes COVID-19, GeNose dari UGM. (dok. UGM)

Topcareer.id – Ada kabar baik nih buat para traveler, pasalnya per tanggal 1 April 2021 ini Angkasa Pura Airports akan mulai menggunakan layanan alat deteksi Covid yakni GeNose C-19 pada 4 bandara di Indonesia.

Empat bandara tersebut adalah Bandara Yogyakarta International Airport, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Mahmud Badarudin Palembang dan Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Para penumpang pun cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 40.000 untuk mendapatkan layanan ini.

Sayangnya, kapasitas pemeriksaan GeNose C-19 ini masih terbatas, sehingga penumpang diimbau untuk memperhatikan waktu operasional layanan, waktu kedatangan di bandara, dan prosedur layanan tersebut.

Baca juga: 10 Manfaat Mandi Air Panas Yang Perlu Kamu Tahu

Adapun prosedur dan alur penggunaan GeNose C-19 di bandara yaitu:

  1. Calon penumpang menuju tempat pendaftaran untuk mengambil nomor antrean. Untuk sementara, pendaftaran dapat dilakukan secara manual maupun melalui aplikasi.
  2. Calon penumpang melakukan pembayaran di tempat pembayaran yang terpisah dari tempat pendaftaran.
  3. Setelah melakukan pembayaran, calon penumpang mengambil sampel napas di bilik yang telah disediakan dekat tempat pembayaran sesuai dengan nomor urut. Adapun sampel napas yang diambil adalah pembuangan napas pada kembusan ketiga. Langkahnya yaitu, penumpang menghirup napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut. Setelah dua kali menghirup napas dari hidung dan membuangnya melalui mulut, maka pada pengambilan napas ketiga, langsung hembuskan ke dalam kantong hingga kantor terisi penuh napas kita. Kemudian kunci kantong agar udara napas di dalam tidak keluar.
  4. Calon penumpang menyerahkan kantong udara kepada petugas.
  5. Petugas operator GeNose melakukan pemeriksaan kantong udara dengan alat GeNose C-19.
  6. Selama menunggu hasil, calon penumpang menunggu di ruang tunggu pengambilan sampe GeNose C-19.
  7. Calon penumpang dapat mengambil hasil tes setelah petugas akan memanggil nomor urut dan identitas calon penumpang.
  8. Jika hasil tes GeNose positif, maka petugas akan memberikan konsultansi, informasi, dan edukasi tekait hasil pemeriksaan dan menyarankan penumpang untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari serta memberikan surat rujukan atau surat keterangan hasil pemeriksaan untuk dilaporkan calon penumpang ke Puskesmas sesuai domisili. Kemudian petugas keamanan akan mengarahkan calon penumpang untuk meninggalkan bandara dengan tetap melakukan protokol kesehatan 3M dengan benar.
  9. Jika hasil tes negatif, calon penumpang dapat melanjutkan proses keberangkatan selanjutnya dengan menunjukkan hasil GeNose C-19 negatif kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk divalidasi. Calon penumpang juga menunjukkan hasil GeNose C-19 yang sudah divalidasi ke petugas maskapai saat proses check in dan boarding.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di dalam bandara ya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan