Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Studi: Suntikan Pertama Vaksin Pfizer dan Moderna Terbukti 80 Persen Efektif

Topcareer.id – Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Pfizer Inc dengan BioNTech SE dan Moderna Inc terbukti bisa mengurangi risiko infeksi hingga 80% dalam dua minggu atau setelah suntikan pertama dari total dua suntikan, menurut data dari studi terbaru di dunia nyata yang dirilis di AS pada hari Senin (29/3).

Risiko infeksi turun signifikan hingga 90% dalam dua minggu setelah suntikan kedua, studi dilakukan terhadap hampir 4.000 petugas kesehatan AS.

Hasil ini memvalidasi penelitian sebelumnya yang mengindikasikan vaksin mulai bekerja segera setelah dosis pertama, dan memastikan bahwa mereka juga mencegah infeksi tanpa gejala.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 akan Manjur Jika Disuntikan Pada Tubuh Yang Sehat

Studi oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengevaluasi kemampuan vaksin untuk melindungi dari infeksi, termasuk infeksi yang tidak menimbulkan gejala.

Temuan dari penggunaan dunia nyata dari vaksin messenger RNA (mRNA) ini juga mengkonfirmasi kemanjuran yang ditunjukkan dalam uji klinis terkontrol besar yang dilakukan sebelum mereka menerima otorisasi penggunaan darurat dari Food and Drug Administration (FDA) AS.

“Vaksin mRNA COVID-19 resmi memberikan perlindungan dalam dunia nyata awal dan substansial terhadap infeksi bagi personel perawatan kesehatan, penerima pertama, dan pekerja penting garis depan lainnya,” kata Direktur CDC Rochelle Walensky dalam sebuah pernyataan.

Teknologi mRNA baru adalah bentuk sintetis dari pembawa pesan kimiawi alami yang digunakan untuk menginstruksikan sel membuat protein yang mencerminkan bagian dari virus corona baru. Kemudian mengajarkan sistem kekebalan untuk mengenali dan menyerang virus yang sebenarnya.

Baca Juga: Waspada! Mutasi Virus Bikin Vaksin COVID-19 Tak Ampuh Lagi

Studi CDC dilakukan beberapa minggu setelah data dunia nyata dari Israel menunjukkan bahwa vaksin Pfizer / BioNTech 94% efektif dalam mencegah infeksi tanpa gejala.

CDC mengatakan hasil penelitian terbaru pada hari Senin (29/3) memberikan kepastian bahwa orang mulai mengembangkan perlindungan dari vaksin dua minggu setelah dosis pertama mereka, meskipun badan tersebut menegaskan kembali bahwa perlindungan terbesar bisa terlihat setelah menerima kedua dosis vaksin yang direkomendasikan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan