Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, April 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bisa Ditiru, Pemimpin Inspiratif Lakukan 10 Hal Ini Saat Bicara (Bagian 2)

Ilustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.comIlustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.com

Topcareer.id – Pemimpin yang menginspirasi juga merupakan komunikator yang luar biasa. Pelatih eksekutif dan pakar kepemimpinan Ian MacFarlane mengatakan, kepemimpinan adalah tentang memiliki visi dan mengkomunikasikannya secara efektif.

“Para pemimpin membangkitkan motivasi intrinsik, dan untuk melakukan itu, kekuatan persuasi mereka haruslah yang terbaik. Mereka harus beresonansi dengan dan membaca audiens mereka, apakah itu individu atau kelompok besar,” kata MacFarlane, mengutip Ladders.

Jadi apa saja kebiasaan komunikasi yang membedakan pemimpin rata-rata dari yang luar biasa? MacFarlane yang menghabiskan lebih dari tiga dekade sebagai pemimpin di industri jasa keuangan dan fintech ini berbagi soal hal tersebut.

Mereka memvariasikan nada suara mereka

“Saat kamu bersemangat tentang sesuatu, biarkan pendengarmu mendengarnya dengan suaramu. Tidak ada yang lebih buruk dari nada suara monoton tanpa penekanan pada poin penting,” kata MacFarlane.

Pemimpin super inspiratif menanamkan pidato mereka dengan semangat dan emosi, melukiskan gambaran yang jauh melampaui hal yang nyata dan menarik hati para pendengarnya.

Mereka melakukan kontak mata

MacFarlane mengatakan bahwa para pemimpin yang paling menginspirasi tidak hanya melakukan kontak mata, tetapi mereka juga sangat berhati-hati tentang siapa yang mereka lihat.

Baca juga: 3 Cara Membuat Pewawancara Terkesan Saat Interview Kerja

“Apakah itu percakapan empat mata secara langsung, dalam pertemuan Zoom, atau forum publik di depan banyak orang, melakukan kontak mata sangatlah penting. Itu bisa meningkatkan kepercayaan. Jika kamu berada di forum publik dan gugup, cari wajah ramah yang mengakui validitas pesanmu.”

Mereka memanfaatkan bahasa tubuh

“Sikap terbuka dan santai dengan beberapa senyuman yang pantas tidak pernah salah,” kata MacFarlane. Pemimpin yang menginspirasi memproyeksikan isyarat non-verbal yang menginspirasi.

Mereka tidak harus secara aktif memikirkan bahasa tubuh mereka untuk memanfaatkan kekuatannya, tetapi mereka sangat berhubungan dengan diri mereka sendiri dan terbiasa memproyeksikan keyakinan bahwa hal itu terjadi secara organik.

Mereka tidak terlalu banyak bicara

Ternyata lebih sedikit lebih baik dalam hal berbicara dengan cara yang menginspirasi. “Singkat adalah jiwa dari kecerdasan. Jangan berdengung. Perhatian sulit dicapai dan bahkan lebih sulit dipertahankan. Pidato terbaik adalah pendek, ringkas, dan to the point. Jika audiens menginginkan informasi yang lebih detail, biarkan mereka memintanya.”

Mereka tetap jujur pada diri mereka sendiri

Ada komunikator dan pemimpin yang sangat baik yang terlalu halus dan tidak jujur, tetapi yang benar-benar karismatik dan mudah diingat memiliki kualitas keotentikan tentang diri mereka.

Dan jika kamu merasa harus sempurna untuk menjadi inspiratif, pikirkan dua kali. Pemimpin yang menginspirasi tidak takut untuk mengakui ketika mereka tidak mengetahui sesuatu.**(Feb)

Tinggalkan Balasan