Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juni 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bukan Insomnia, Bisa Jadi Ini Penyebab Kamu Kesulitan Tidur

Ilustrasi sulit tidur. Dok/Shermanconsulting.comIlustrasi sulit tidur. Dok/Shermanconsulting.com

Topcareer.id – Apakah beberapa hari ini kamu sedang mengalami kesulitan tidur? Sebelum buru-buru berpikir kalau kamu terkena insomnia, coba periksa kemungkinan penyebab lainnya. Seperti contohnya Sindrom kaki gelisah.

“Sangat penting untuk menyingkirkan gangguan tidur lainnya, karena beberapa gangguan tidur dapat menyerupai insomnia.” kata Dr. Lourdes DelRosso, seorang dokter tidur di Rumah Sakit Anak Seattle, seperti dikutip dari laman Your Erie, Rabu (7/4/2021).

Sindrom kaki gelisah sendiri merupakan suatu gangguan tidur, yang terjadi karena muncul dorongan kuat untuk terus menggerakkan kaki kamu.

“Kamu memiliki sensasi di kaki, yang membuatmu ingin menggerakkan kaki. Ini bisa berlangsung hingga satu jam lebih,” ucapnya.

Baca juga: Sulit Tidur? Warna Cat Ini Mungkin Penyebabnya

Saat ini, belum ada obat pasti untuk mengatasi sindrom ini. Namun, menghindari kafein, banyak berolahraga, mandi air hangat, serta pijatan, dipercaya bisa mengendurkan otot-otot kakimu, hingga akhirnya kamu bisa mengantuk dan tidur.

Hal lain yang dapat meniru insomnia, adalah keterlambatan jam sirkadian kamu. “Biasanya ini terjadi pada remaja. Remaja secara alami mulai mengalami siklus tidur yang tertunda,” kata DelRosso.

Ini dapat menyebabkan kantuk berlebih di siang hari. Untuk mengurangi efeknya, pertahankan waktu bangun yang konsisten, dengan tidak lebih dari dua jam, bahkan di akhir pekan.

Terakhir, jika kamu merasa lelah di siang hari, bisa jadi itu adalah apnea tidur. Apnea tidur dapat membuatmu sangat berisiko terkena stroke dan serangan jantung. Diperkirakan 85-90% penderita sleep apnea tidak tahu bahwa mereka mengidapnya.

“Beri tahu dokter jika kamu mengalami mendengkur, mengantuk di siang hari, atau perubahan suasana hati,” tegas DelRosso.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan