Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Mei 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Alasan Menulis Baik untuk Otak

Topcareer.id – Merupakan berita bagus jika pendidikan semakin memasukkan teknologi ke dalam kelas. Teknologi telah menjadi penting untuk bagaimana setiap orang bisa mengakses informasi dan mengatur hidup.

Namun, hanya karena ada sesuatu yang baru dan bermanfaat, bukan berarti cara lama tidak lagi relevan. Terutama dalam hal menulis menggunakan tangan dan pena.

Bahkan di era teknologi, menulis tidak hanya diwajibkan di sekolah, karena menulis dengan tangan dan pulpen adalah aktivitas yang terbukti memiliki banyak manfaat bagi otak dan tubuh.

Meskipun dipandang sebagai aktivitas gaya lama, menulis dengan tangan masih dianggap sebagai keterampilan berharga yang memiliki banyak manfaat kognitif, baik di dalam maupun di luar kelas.

Berikut ini 5 manfaat menulis dengan tangan:

Baca juga: 7 Gaya Hidup Modern yang Merusak Otak

1) Penghilang stres
Tindakan menulis itu sendiri dapat mengurangi stres, yang membantu meningkatkan fokus dan perhatian di dalam kelas.

2) Kreativitas dan pembelajaran
Menjadikan menulis sebagai kebiasaan rutin, terbukti dapat meningkatkan kreativitas dan memperdalam pemikiran, serta menjaga otak tetap tajam.

3) Baik untuk memori
Menulis dengan tangan juga terbukti meningkatkan memori dan retensi. Tindakan meletakkan pena di atas kertas mengaktifkan area otak yang membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka. Ini juga melibatkan lebih banyak indra dan neuron motorik daripada saat mengetik menggunakan keyboard.

4) Memperbaiki suasana hati
Menulis tentang perasaan dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan rasa sejahtera, meletakkan pena ke halaman membantu menyempurnakan pikiran secara teratur yang akan membantu beban terasa lebih ringan.

5) Meningkatkan kinerja dan lebih tenang
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menulis tentang bersyukur, terutama sebelum tidur, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, yang mengarah pada kinerja kelas yang lebih baik serta perasaan sejahtera.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan