Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Mei 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Virgin Coconut Oil Jadi Obat Covid-19, Ini Penjelasannya

Topcareer.id – Pakar Pulmonologi FKKMK UGM, dr. Ika Trisnawati, mengatakan saat ini para peneliti tengah mengembangkan obat covid-19 dari berbagai bahan alami, salah satunya Virgin Coconut Oil (VCO) atau biasa dikenal minyak kelapa.

Menurutnya, VCO ini dipilih sebagai obat covid-19 karena diketahui di dalam VCO terdapat aktivitas anti virus yang baik seperti asam laurat (C12) dan monolaurin (ML) beserta derivatnya.

“VCO merupakan medium chain fatty acids (MCA) yang mengandung asam laurat diubah menjadi monogliserida monolaurin yang mempunyai efek antiviral dengan cara menghancurkan membran lipid virus,” jelasnya dilansir dari ugm.ac.id pada Senin (19/4/2021).

Selain itu, VCO ini juga dipercaya, memiliki cara kerja dengan merusak membran sel pada virus. Sehingga saat VCO masuk ke dalam tubuh akan langsung diubah menjadi monolaurin yang saat berinteraksi dengan membran sel virus yang akan merusak lapisan lipid pada sel tersebut.

“Dengan begitu, membran sel virus menjadi rusak dan tidak berfungsi,” tambahnya.

Baca juga :Pakar UGM Jelaskan Obat Covid-19 Avifavir yang Dapat EUA dari BPOM

dr. Ika yang sekaligus berprofesi sebagai Ketua Tim Airbone Disease RSUP Dr. Sardjito ini juga menegaskan saat ini pilot studi VCO sebagai terapi adjuvan Covid-19 tengah berlangsung di 4 rumah sakit Yogyakarta, yakni RSUP Dr. Sardjito, RSA UGM, RSUD Wonosari, serta RSUD Sleman.

Hasilnya pun menunjukkan hal yang signifikan, di mana penggunaan VCO dapat menurunkan TNF α pada kelompok VCO dibandingkan plasebo. Selain itu, terdapat penurunan marker inflamasi antara alain CR, ferritin, dan IL6 meskipun tidak siginifikan secara statistik.

Selain itu, temuan lain juga menunjukkan adanya penurunan D Dimer dan ferritin yang signifikan (p<0,05) baik sebelum maupun setelah intervensi pada kelompok VCO. Lalu, terjadi penurunan CRP, IL6 dan procalcitonin, tetapi tidak signifikan.

“VCO dapat menurunkan marker inflamasi pada penderita Covid-19 sehingga diharapkan dapat mencegah perberatan penyakit,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, Indonesia memiliki potensi bahan alam yang cukup berlimpah dengan lebih dari 30.000 spesies tanaman. Bahkan Data Riset Obat dan Jamu mencatat dari spesies tanaman yang ada, 2.848 diantaranya merupakan tumbuhan obat yang tersebar pada 405 etnis di 34 provinsi di Indonesia.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan